Friday , August 18 2017
Topik Terhangat

Pengemudi Angkutan Umum Salatiga Ikuti Pembinaan Keselamatan Transportasi

Pengemudi Angkutan Umum Salatiga Ikuti Pembinaan Keselamatan Transportasi

SALATIGA–170 sopir/juru mudi angkutan umum wilayah Kota Salatiga mendapatkan penyuluhan Keselamatan Peningkatan Penumpang oleh Dinas Perhubungan Komunikasi Budaya dan Pariwisata (Dishubkombudpar ). Acara dibuka oleh walikota Salatiga Yuliyanto di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) 18/5.

Kepala Dishubkombudpar, Adi Suprapto menjelaskan, tujuan dari penyuluhan tersebut adalah memberikan pembekalan pengetahuan keselamatan berkendara. ” Sasaran penyuluhan adalah awak angkota, angkudes, angkutan barang, bus serta taxi. Beberapa materi yang disampaikan dalam kesempatan ini antara laian Disiplin Berlalu Lintas di Jalan oleh Satlantas, UU No. 33 Th. 1964 dan UU No.34 Th 1964 Oleh Jasa Raharja, Peraturan Tentang Pengujian Kendaraan Bermotor oleh Kabid. Kelaikan Dishubkombudpar dan Perundang Undangan LLAJ oleh Kabid Lalin serta Peraturan tentang Angkutan,” terang Adi Suprapto.

“Nantinya dari kegiatan ini akan dilakukan pula evaluasi untuk mencari awak angkutan teladan (sopir teladan). Pertama nanti diseleksi 15 sopir dan dari jumlah tersebut akan diseleksi menjadi 3 sopir terbaik. Selanjutnya 3 sopir teladan tersebut akan menadapat hadiah dan penghargaan dari Dishubkombudpar,” imbuh Ka. Dishubkombudpar.

Sementara itu Gunawan Plt. Kanityasa Polres Salatiga dalam penyampaian materi, pihaknya tidak pernah mencari-cari kesalahan sopir atau pengendara kendaraan motor dalam melakukan penindakan. “Pernah saya menindak sopir angkot yang ngetem di depan rumah dinas walikota. Lebih dari 3 kali diingat masih saja diulangi, akhirnya saya bawa ke pos jaga. Dia saya minta menemani saya ngepos, saya belikan makan dan rokok, akhirnya yang bersangkutan sadar juga. Tujuannya adalah ketertiban umum utamanya lalu lintas,” cerita Gunawan.(Fhm)

Komentar Anda

You might also likeclose