Friday , August 18 2017
Topik Terhangat

Wakil Kepala Polisi Negara Jepang Datangi Polres Salatiga

Wakil Kepala Polisi Negara Jepang Datangi Polres Salatiga

Jurnalwarga-Markas Polres Salatiga pada Jumat (22/3/2015) sore didatangi oleh tamu dari Jepang, yakni Komisaris Jendral (Komjen) Polisi Jepang, Akihisa Kato, yang menjabat sebagai wakil kepala Kepolisian Jepang dan Inspektur Jendral Polisi Jepang DR. Ko Shikata besera rombongan.

Kedatangan rombongan tersebut merupakan Kerjasama Sistem Keamanan Koordinator Bantuan Keamanan (Koban) antara Jepang dengan Indonesia. Para pejabat tinggi kepolisian Jepang tersebut ingin mengetahui bagaimana Perpolisian Masyarakat (Polmas) dan Koban diterapkan di Salatiga dan hasil apa yang telah dicapai selama menerapkan sistem tersebut.

Kapolres Salatiga AKBP Ribut Hari Wibowo turut serta menemani para rombongan tersebut untuk meninjau beberapa lokasi Pos Koban, yakni di wilayah Noborejo, Argomulyo dan Sidorejo Kidul, Tingkir. Para kapolsek di masing-masing wilayah pos koban tersebut memberi penjelasan bagaimana Pos Koban tersebut diterpakan di wilayah mereka.

Sebelum meninjau lokasipos koban tersebut Kapolres terlebih dahulu memberi paparan mengenai sistem Polmas di terapkan wilayah hukumnya. Dengan diterpakanya sistem polmas di Salatiga, terdapat perubahan yang signifikan, berbagai tindak kriminalitas menurun tajam.

AKBP Ribut juga mengungkapkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara Polres Salatiga dengan Jepang. Yakni cikal bakal polres salatiga yang pada era penjajahan dahulu bernama Detasemen Polisi dikepalai oleh orang Jepang. Selain itu dirinya juga pernah mengenyam pendidikan mengenai Polmas di Jepang.

Kunjungan para pejabat Jepang ini sendiri, merupakan supervisi yang ke tiga kalinya. Sebelumnya pada Februari lalu Polres juga mendapat kunjungan dari Tim Peneliti Japan International Corporate Agency (JICA).

Komentar Anda

You might also likeclose