Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

FBI Tangkap 6 Orang Pejabat Tinggi FIFA Terkait Kasus Korupsi

FBI Tangkap 6 Orang Pejabat Tinggi FIFA Terkait Kasus Korupsi

Jurnalwarga-FBI berhasil menangkap 6 orang petinggi Fédération Internationale de Football Association (FIFA) yang merupakan Federasi sepak bola internasional di Hotel Baur au Lac, Zurich pada Rabu (27/5/2015). Penangkapan ke 6 petinggin FIFA tersebut terkait dugaan Korupsi pada organisasi tersebut.

FBI yang merupakan Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (AS) ini bekerja sama dengan kepolisian Swiss untuk menangkap 6 orang tersebut. penangkapan sendiri dilakukan saat  dini hari, saat mereka sedang berada di dalam kamar hotel masing-masing.

FBI sendiri sebnarnya sudah lama mengendus indikasi kejahatan yang dilakukan oleh 6 orang tersebut. Tidak hanya Korupsi, mereka diduga juga melakukan penyelewengan pajak, penyalahgunaan kekuasaan, termasuk pengaturan bidding tuan rumah Piala Dunia, sampai pelanggaran pemasaran dan hak siar pertandingan selama 20 tahun terakhir. Mereka juga diduga telah melakukan praktik pencucian uang.

Diantara ke enam pejabat tersebut 2 diantaranya adalah wakil presiden FIFA, Jeffrey Webb dan presiden CONCACAF (Federasi Sepakbola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia), Jack Warner. Mereka kini ditahan dan akan di ekstradisi ke AS untuk penyelidikan lebih lanjut.

FIFA sendiri oleh berbagai pihak telah diduga melakukan berbagai tindakan kriminal layaknya organisasi mafia seperti penyelewengan pajak, money laundry, pemerasan, dan penyuapan hal tersebut semakin terlihat jelas saat FIFA memilih Rusia dan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022.

Komentar Anda

You might also likeclose