Tuesday , August 22 2017
Topik Terhangat

Sutan Bhatoegana Hadapi Vonis Hari Ini

Sutan Bhatoegana Hadapi Vonis Hari Ini

Terdakwa kasus suap Kementrian ESDM dan SKK Migas Sutan Bhatoegana (dok antaranews.com)

Jurnalwarga.com—Pada persidangan sebelumnya, Sutan Bhatoegana dituntut hukuman 11 tahun penjara dan denda sebesar Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan oleh jaksa penuntut umum KPK. Politikus Partai Demokrat tersebut didakwa melanggar Pasal 12 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sutan Bhatoegana dituding menerima pemberian hadiah dalam pembahasan anggaran pendapatan dan belanja negara perubahan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Komisi VII DPR. Selain dituntut 11 tahun penjara, Sutan Bhatoegana juga menghadapi tuntutan pencabutan hak politik untuk dipilih dan memilih selama tiga tahun.

Puluhan saksi dihadirkan dalam persidangan Sutan untuk membuktikan dakwaan yang disangkakan kepada politikus Partai Demokrat itu. Para saksi yang dihadirkan di antaranya mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini dan mantan Sekjen Kementerian ESDM, Waryono Karno.

Sutan membantah telah menerima uang sebesar USD140 ribu dari mantan Sekjen Kementerian ESDM, Waryono Karno. Dia sangat heran dengan istilah penerimaan duit untuk ‘kawan-kawan’ di Komisi VII periode 2009-2014.

“Dari awal sudah kita lihat aneh di situ ditulis ‘dan kawan-kawan’ tapi enggak ada teman yang ditanya,” tandasnya.

Sidang vonis putusan Sutan dijadwalkan digelar pukul 10.00 WIB Rabu (19/8/2015). Majelis Hakim yang dipimpin Artha Theresia Silalahi akan membacakan putusan.

“Apa pun keputusannya, siap. Ditembak mati saya siap kok, jangankan dihukum 11 tahun,” ujar Sutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Sumber: cnnindonesia.com; news.detik.com

Komentar Anda

You might also likeclose