Sunday , June 25 2017
Topik Terhangat

Pemerintah: Tak Ada di Pikiran Minta Maaf pada PKI

Pemerintah: Tak Ada di Pikiran Minta Maaf pada PKI

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan

Jurnalwarga.com— Gerakan 30 September atau (Gestapu) menjadi catatan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Banyak korban yang berjatuhan pada 50 tahun lalu tersebut. Luka sejarah pun masih belum kering dalam ingatan para pelaku sejarahnya.

 

Pemerintah memastikan tidak akan meminta maaf kepada keluarga yang terlibat Gerakan 30 September (G30SPKI) yang 50 tahun peringatannya tepat jatuh pada hari ini.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Luhut Binsar Panjaitan, menyatakan tak ada sedikit pun niat Pemerintah untuk meminta maaf, apalagi kepada PKI dan keluarga korban. Isu itu hanya dihembuskan kelompok tertentu sehingga membiaskan maksud Pemerintah.

 

“Barusan saya bicara dengan Presiden, kita tidak ada pikiran minta maaf kepada PKI. Itu sama sekali tidak benar,” kata Luhut.

 

Luhut mengatakan pemerintah akan mencari format lain, yaitu melakukan rekonsiliasi kepada eks-PKI yang menjadi korban. Namun rencana rekonsiliasi tersebut hingga kini masih dalam pembahasan. Luhut mengatakan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan para Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang fokus kepada persoalan Hak Asasi Manusia (HAM).

 

Sementara itu, Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen memberi syarat jika para keluarga PKI ingin menuntut permintaan maaf dari negara. Syaratnya mereka dahulu yang harus meminta maaf kepada keluarga korban PKI.

 

Sumber: news.detik.com; www.tribunnews.com

Komentar Anda

You might also likeclose