Tuesday , August 22 2017
Topik Terhangat

TOP TRAVEL 2: Ide Cerdas Banyuwangi Gemparkan Pariwisatanya

PERKEMBANGAN pariwisata tak terlepas dari peran investor, berbeda dengan di Banyuwangi yang mengandalkan peran masyarakat setempat.

Memajukan ekowisata dibutuhkan peran investor. Lain hal dengan ekowisata di Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur, yang sukses membangun ekowisata mandiri.

Dikatakan Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi, masyarakat setempat benar-benar mandiri dalam membangun potensi ekowisata bahari di kawasan tersebut.

Bahkan, tanpa bantuan dana pemerintah setempat, mereka berhasil menjadikan Bangsring sebagai destinasi wisata bahari menarik di Banyuwangi.

“Kami mendukung apa yang dilakukan masyarakat Bangsring. Tapi mereka benar-benar mulai dari bawah (mandiri-red),” jelasnya kepada Okezone di Banyuwangi, Jawa Timur.

Bahkan ketika banyak investor tertarik untuk memberi kucuran dana untuk pembangunan di sektor pariwisata. Justru Bupati Banyuwangi tersebut tidak menyetujui akan hal itu. Lantas apa alasannya?

“Banyak bank berminat untuk investasi. Tapi saya tidak setuju, karena hal ini berujung pada kesejahteraan,” tambah pria yang akrab disapa Anas tersebut.

Lanjutnya, ketika ada investasi pinjaman dana, maka ada kemungkinan warga setempat malah berfokus pada pengembalian dana. Sehingga tidak ada jiwa “die hard” untuk melayani, dan seperti kejar setoran.

Perlu diketahui, sebelumnya warga setempat sudah melalui masa sulit dalam kesadaran potensi pariwisata. Pemerintah setempat sangat mendukung ketika ada perubahan perilaku masyarakat.

Maka dari itu, lanjutnya, lebih baik tidak usah terburu-buru dalam menggaet investor untuk pengembangan pariwisata di kawasan Bangsring.

“Perubahan perilaku masyarakat luar biasa. Kesuksesan ini juga menular ke daerah-daerah di sekitarnya yang turut membangun potensi wisata di daerah masing-masing,” tukasnya.

Sumber: OkeZone.com

Komentar Anda

You might also likeclose