Sunday , September 24 2017
Topik Terhangat

Bintang Serial “Mister Ed” Meninggal Dunia Pada Usia 96

Bintang Serial Mister Ed Meninggal Dunia Pada Usia 96

Jakarta (ANTARA News) – Aktor peraih anugerah Emmy, Alan Young, yg kesohor memerankan pemilik seekor kuda yg dapat berbicara pada sitcom terkenal 1960-an “Mister Ed” dan bintang film fiksi ilmiah klasik “The Time Machine,” meninggal dunia dalam usia 96 tahun.

Young, yg juga mengisi suara buat karakter-karakter kartun termasuk Scrooge McDuck produksi Disney, meninggal dunia karena sebab alamiah minggu ini di Motion Picture & Television Country House and Hospital yg adalah fasilitas bagi para purna-artis film dan industri televisi di Los Angeles, kata manajernya, Gene Yusem.

Aktor kelahiran Inggris yg terkenal berkat perannya sebagai Wilbur Post, arsitek santun yg hidup bersama dengan seekor kuda cerewet dalam “Mister Ed” yg masih mengudara setengah abad setelah edisi aslinya tayang terakhir di CBS.

Serial yg mengikuti keberhasilan film “Francis The Talking Mule” itu melibatkan karakter kuda bernama Mister Ed yg cuma berbicara kepada seorang saja, Wilbur.

Selama berdekade-dekade setelah tayangan itu berakhir, Young mengaku tidak jarang terganggu oleh pertanyaan pengemar mengenai bagaimana membuat mulut kuda bergerak seperti Mister Ed ketika berbicara. Young menjawab bahwa produser acara tidak mau mengungkapkan rahasia itu.

“Kemudian aku mengarang cerita selai kacang (yang katanya dikunyah Mister Ed), dan seluruh orang yakin itu,” kata Young kepada pewawancara bernama Nick Thomas pada 2009.

Serial ini tayang dari 1961 sampai 1966 yg turut dibintangi Connie Hines sebagai istri Wilbur dan Allan Lane sebagai pengisi suara Mister Ed.

Young mendapat Emmy Award pada 1951 sebagai aktor terbaik pada tayangan televisi “The Alan Young Show” yg mengalahkan Sid Caesar yg waktu itu bernama besar dalam dunia televisi AS.

“The Alan Young Show” memenangkan Emmy bagi kategori variety show terbaik tahun itu dan tayang dari 1950 sampai 1953.

Young juga muncul dalam film garapan sutradara George Pal berjudul The Time Machine” yg diangkat dari novel 1960 karangan H.G. Wells. Dia membintangi Rod Taylor si penjelajah waktu.

Film-film Young lainnya adalah “Chicken Every Sunday” (1949) bersama Natalie Wood, “Mr. Belvedere Goes to College” (1949) bersama Shirley Temple dan “Androcles and the Lion” (1952).

Sebagai aktor pengisi suara, Young mengisi suara Scrooge McDuck, selain juga dalam “The Smurfs” dan “Scooby-Doo.”

Dia terlahir dalam nama Angus Young di Inggris pada 19 November 1919. Keluarganya pindah ke Kanada ketika dia berusia 6 tahun. Dia pernah bekerja di radio di Kanada sebelum pindah ke Los Angeles dan berganti nama menjadi Alan. Dia menjadi warga naturalisasi AS.

Yusem, yg menjadi manajernya selama lebih dari 30 tahun, menyampaikan Young dikubur di laut.

“Dia orang yg jujur dan rendah hati, menyenangkan bekerja dengan dia dan tak pernah bermasalah,” kata  Yusem kepada Reuters.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose