Sunday , September 24 2017
Topik Terhangat

Etape Ketiga, Dari Ende Ke Bajawa, Milik Pebalap China

Etape Ketiga, Dari Ende Ke Bajawa, Milik Pebalap China

Jakarta – Etape ketiga Tour de Flores di Nusa Tenggara Timur menjadi punya pebalap China, Yinghon Ronald Yeung ,dari Wisdom Hengxian Cycling Team. Robin Manulang masih kukuh sebagai pebalap nasional terbaik.

Peserta TdF etape ketiga yg tersisa 87 pebalap (pebalap yang lain tidak mampu melanjutkan balapan dengan alasan mekanik atau fisik) dilepas di kantor kabupaten Ende, Sabtu (21/5/2016), oleh Menteri Perindustrian, Saleh Husin. Mereka start balapan pukul 09.00 WITA.

Selepas dari titik start para pebalap masih berada dalam rombongan besar. Jalur yg relatif landai hingga 40 kilometer pertama. Para pebalap tentunya berfokus kepada adu cepat dan strategi tim masing-masing. Sementara, pendukung tim mendapatkan view yg luar biasa dengan pantai berbatu biru tepat di sisi kiri trek.

Rute tepi pantai tersebut melewati tiga kecamatan dari beberapa kabupaten –Ende, Nangabanda, dan Nangaroro yg telah masuk kabupaten Nagekeo– sepanjang 30 kilometer. Memasuki Boawai, trek akan berubah ke perbukitan. Perebutan poin pada King of Mountain (KoM) kedua sekaligus digeber di area Boawai alias pada kilometer ke 50,8. Masyarakat Boawai begitu antusias dengan mementaskan tarian penyambutan di dua titik.

Sekitar 50 kilometer dari Boawai, tanjakan akan lebih ganas. Di daerah Malanusa ketinggian mencapai 911 mdpl dan menjadi perebutan KoM kedua.

Tanjakan belum selesai. Para pebalap masih harus melewati tanjakan yg kenaikannya tak terlalu tinggi, tetapi cukup konsisten Hors Category setinggi 113,6 mdpl di Mangulewa (kilometer ke 113,6).

Dari Mangulewa menuju Turelisa, trek selalu menurun sampai jembatan Waewoki kembali ada tanjakan yg cukup terjal sampai memasuki jalan Soekarno-Hatta akan menurun dan relatif landai hingga finis garis finis di Taman Kartini, Ende, Ngada.

Pukul 13.07 Yinghon sampai di titik finis. Dia menghabiskan waktu 3 jam, 34 menit dan 14 detik dengan kecepatan rata-rata 34,5 kilometer per jam. Yinghon memanfaatkan dengan maksimal tiga tanjakan yg menjadi perebutan poin King of Mountain sehingga berhak mendapatkan polka dot jersey.

“Saya beruntung karena hari ini dapat memyapu bersih semua King of Mountain,” kata Yinghon usai balapan.

Urutan kedua diduduki pebalap Spanyol, Benjamin Prades. Urutan ketiga menjadi punya pebalap Korea Selatan, Choe Hyeongmin, yg finis 0,02 detik lebih lambat dari sang juara.

Robin masih menjaga posisinya sebagai pebalap terbaik nasional dan Asia. Robin finis di tempat keempat hari ini.

Pada klasemen umum, Daniel Whitehouse dari Terengganu Cycling Team masih yg paling atas. Dia membuat catatan waktu 11 jam 04 menit dan 32 detik. Jersey merah pun masih melekat kepadanya.

(fem/roz)
Sumber: http://sport.detik.com

Komentar Anda

You might also likeclose