Sunday , September 24 2017
Topik Terhangat

Masinton: Gabung Pemerintahan, Golkar Harus Ikut Aturan Main

Masinton: Gabung Pemerintahan, Golkar Harus Ikut Aturan Main

JAKARTA, KOMPAS.com – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu mengatakan, Partai Golkar sebagai partai yg baru mendukung pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla harus mengikuti aturan main yg telah ada.

Salah satunya adalah komitmen dukungan penuh di parlemen maupun pemerintahan. Dukungan tersebut, kata Masinton, harus secara penuh dan konsisten hingga akhir pemerintahan.

“Tentu sebagai pendatang baru juga harus tunduk kepada aturan main yg telah bergabung,” tutur Masinton dalam sebuah acara diskusi di bilangan Tebet, Jakarta, Sabtu (21/5/2016).

Tak cuma itu, ia juga menginginkan agar Golkar dapat menerima bahwa Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri adalah pemimpin koalisi partai-partai pendukung pemerintahan.

(Baca: Resmi, Golkar Nyatakan Keluar dari KMP)

“Kalau itu enggak perlu disebut. Memang faktanya begitu,” kata Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat RI itu.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Poltracking Institute, Hanta Yuda melihat, bergabungnya Partai Golkar ke pemerintahan tidak lantas berarti partai berlambang pohon beringin tersebut dapat sejalan dengan PDI-P. Namun, lebih kepada bentuk dukungan terhadap Jokowi.

Dinamika politik pun, kata Hanta, dapat terbagi menjadi tiga, merupakan koalisi Istana, mantan Koalisi Indonesia Hebat dan pendatang baru.

“Pasti ada keinginan pemerintah, Golkar gabung ke pemerintahan adalah buat memperkuat Jokowi bukan memperkuat PDIP,” ujar Hanta.

Partai Golkar menetapkan keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP), koalisi bentukan pada masa Pemilihan Presiden 2014.

Keputusan itu diambil ketika sidang paripurna Musyawarah Nasional Luar Biasa Partai Golkar, Senin (16/5/2016) malam Reposisi Golkar di dalam KMP dikerjakan seiring dukungan partai berlambang pohon beringin itu kepada pemerintah.

Kompas TV Golkar Resmi Keluar dari KMP

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose