Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Pemilu Serentak Di 2019 Diklaim Dapat Minimalisir Praktik Transaksional Capres

Pemilu Serentak Di 2019 Diklaim Dapat Minimalisir Praktik Transaksional Capres

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain memperkuat sistem pemerintahan presidensial di Indonesia, Pemilu serentak yg mulai dilaksanakan 2019 nanti dinilai dapat meminimalisir praktik transaksional dalam pengusungan calon presiden (capres).

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Perkumpulan bagi Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini ketika dihubungi Kompas.com Minggu (22/5/2016).

“Dengan diberlakukannya Pemilu serentak maka mulai ada kerja sama sejak awal di antara parpol-parpol dalam upaya pemenangan capres yg mereka usung,” tutur Titi.

Dia menambahkan, meskipun demikian Pemilu serentak tak dapat 100 persen menghilangkan praktik transaksional.

Sebab, tiap partai politik bersama-sama ingin menang di pemilu presiden sekaligus mendominasi di parlemen. Oleh sebab itu, pemilu serentak cuma mulai meminimalisir sistem koalisi yg semu.

Titi pun menilai Pemilu serentak juga mulai memengaruhi pemilih bagi memilih calon anggota legislatif (caleg) dari partai yg mengusung presiden pilihannya.

“Jadi mau tak mau partai mulai dituntut bagi mengusung caleg dan capres yg juga sama-sama berkualitas agar saling menguatkan di pemerintahan nanti,” kata dia.

Kompas TV Pemilu Myanmar, Partai NLD Rayakan Kemenangan

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose