Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Tanggapi Laporan Lion Air, Bareskrim Periksa Dua Saksi

Tanggapi Laporan Lion Air, Bareskrim Periksa Dua Saksi

BOGOR, KOMPAS.com – Wakil Kepala Bareskrim Irjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan, laporan Lion Grup terhadap Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo masih dalam proses pemeriksaan saksi-saksi.

“Masih proses, masih kita mintai informasi saksi yg terkait laporan itu,” ujar Ari di sela-sela acara di Hotel Aston, Bogor, Jawa Barat, Senin (23/5/2016).

Adapun saksi yg diperiksa hingga ketika ini, kata Ari, berjumlah beberapa orang.

“Keduanya dari pihak pelapor,” tutur dia.

(baca: Muncul Petisi “Pemerintah Jangan Takut Ancaman Lion Air!”)

Namun, ia tak menjelaskan secara rinci kapan pemeriksaan saksi itu dilakukan. Penyelidikan mulai selalu dikembangan bagi menemukan ada atau tidaknya unsur pidana dalam laporan tersebut.

Sebelumnya, Lion Grup melaporkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo ke Bareskrim Polri.

Laporan itu dibuat oleh Head of Corporate Lawyer Lion Grup, Harris Arthur Hedar pada Senin 16 Mei 2016. (baca: Lion Air Melawan Sanksi)

Laporan dengan nomor LP/512/V/2016 itu dibuat terkait surat dari Suprasetyo perihal pembekuan rute baru selama enam bulan bagi PT Lion Mentari Airlines.

“Kami lapor supaya sidik ke orang-orang yg berwenang. Kami lapor ke Bareskrim Mabes Polri tanggal 16 Mei 2016. Yang dilaporkan Kemenhub sebagai pengambil kebijakan,” kata Presiden Direktur Lion Grup Edward Sirait di Lion Air Tower, Jakarta, Kamis (19/5/2016).

(baca: Jonan Ganti Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta di Tengah Penyelidikan Kasus Lion)

Dalam Laporan yg diperlihatkan oleh Harris, Suprasetyo dilaporkan atas dasar dugaan tindak penyalahgunaan wewenang dan melakukan atau tak melakukan satu sebagaimana dimaksud dalam pasal 421 KUHP dan 335 KUHP.

Harris menambahkan, laporan ke polisi juga sebagai pintu masuk terkait pembekuan izin ground handling PT Lion Group yg dikeluarkan oleh Suprasetyo pada tanggal 17 Mei 2016, atau sesuatu hari setelah laporan Harris ke polisi.

Kompas TV Langkah Kemenhub Hukum Lion Air Diapresiasi

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose