Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Ke Istana, Kepala BNP2TKI Ditegur Jokowi Soal TKI Yang Bergabung ISIS

Ke Istana, Kepala BNP2TKI Ditegur Jokowi Soal TKI Yang Bergabung ISIS

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid dipanggil oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Selasa (24/5/2016).

Nusron ditegur Presiden terkait delapan Tenaga Kerja Indonesia di Korea Selatan yg bergabung dengan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

“Saya dipanggil Pak Presiden tolong itu dipantau khusus, jangan sampai terulang. Kasarnya aku ditegur lah agar lebih ketat pembinaan teman-teman TKI di sana,” kata Nusron, seusai menemui Presiden.

Nusron mengatakan, delapan TKI yg bekerja di pabrik itu dapat terdeteksi bergabung ke ISIS karena mengikuti pengajian yg digelar oleh kelompok tersebut.

Saat diwawancarai oleh BNP2TKI, mereka mengakui hendak mati syahid di medan perang. Semua WNI itu ketika ini telah dideportasi sejak sebulan yg lalu.

Mereka berasal dari sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Meski kedelapan TKI telah dipulangkan, namun Presiden tetap memandang masalah ini sebagai hal yg serius dan tidak boleh terjadi lagi ke depannya.

“Lebih baik jangan sampai terinfiltrasi ikutan gerakan pengajian yg aneh-aneh itu,” ucap Nusron.

Untuk mencegah kejadian serupa terulang, BNP2TKI mulai memberikan pembekalan lahir dan batin kepada TKI yg mulai diberangkatkan, termasuk mengenai ajaran Islam.

Di negara tujuan, BNP2TKI juga mulai selalu melakukan workshop kepada TKI sebagai upaya deradikalisasi.

Dalam upaya penegakan hukum, BNP2TKI mulai bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dan Datasemen Khusus Antiteror 88.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose