Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Tak Akomodir Semua Faksi Dalam Kepengurusan Dinilai Bukan Kebiasaan Golkar

Tak Akomodir Semua Faksi Dalam Kepengurusan Dinilai Bukan Kebiasaan Golkar

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Kuskridho Ambardi mengaku heran dengan tak masuknya tim sukses Ade Komarudin dalam calon kepengurusan Partai Golkar.

Menurut dia, hal itu sedikit keluar dari kebiasaan Partai Golkar.

“Itu yg juga aku agak heran. Karena penentuan kepengurusan, kecenderungan akomodasi Golkar itu tinggi,” kata Kuskridho ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (27/5/2016).

Ade Komarudin yaitu pesaing penting Novanto dalam perebutan kursi ketua umum. Karena itu, tak masuknya tim sukses Ade Komarudin dalam daftar kepengurusan sementara dianggap janggal.

Daftar nama itu memang bukan daftar kepengurusan Partai Golkar yg sudah diumumkan secara resmi oleh Setya Novanto, dan masih bersifat sementara.

Meski begitu, keabsahan dokumen itu sudah dibenarkan anggota Tim Formatur, Roem Kono.

Kuskridho mengatakan, kecenderungan mengakomodasi setiap faksi sangat kental pada periode kepengurusan Aburizal Bakrie. Saat itu, pengurus Golkar mencapai lebih dari 300 orang, jumlah yg sangat besar bagi mengakomodasi.

Kuskridho menilai Akom, sapaan Ade Komarudin, bukanlah tokoh partai Golkar yg memiliki patron besar. Ia menjelaskan patron besar adalah dukungan finansial yg kuat.

“Dia (Akom) itu politikus karier dan kemampuannya berorganisasi. Tapi dia itu juga mampu mewakili sesuatu faksi tertentu,” ucap Kuskridho.

Namun, Kuskridho menduga Akom tak mulai keluar dari Partai Golkar dan membentuk partai baru.

Menanggapi hal itu, Akom pun tak mau mempermasalahkan seandainya tim suksesnya tak masuk dalam kepengurusan.

“Sekali lagi aku tak mau mengomentari hal-hal seperti itu, kasihan partai ini,” kata Akom di Kompleks Parlemen, Jumat (27/5/2016).

“Setahun lebih bertengkar, selalu sekarang dimulai lagi pertengkaran baru? Jangan, kasihan,” ucap ketua Dewan Perwakilan Rakyat itu.

Kompas TV Golkar adalah Penyeimbang PDIP- Satu Meja

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose