Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Bosnia Kenang David Bowie Dengan Lukisan Dinding

Bosnia Kenang David Bowie Dengan Lukisan Dinding

Sarajevo (ANTARA News) – Sekelompok seniman membuka selubung lukisan dinding (mural) bergambar David Bowie di Sarajevo, Sabtu waktu setempat, bagi mengenang karya kemanusiaan penyanyi Inggris itu dalam perang Bosnia.

Suara Bowie dalam lagu “Space Oddity” berkumandang di antara lebih dari 300 orang yg menghadiri peresmian lukisan dinding tersebut yg disertai tulisan “mode berubah, tapi kamu tetap pahlawanku”.

Mural setinggi 13 meter dan lebar 10,5 meter itu dilukis di dinding kampus, tak jauh dari jalan yg dahulu dikenal sebagai “lorong penembak runduk” dan dimaksudkan menjadi lambang perubahan Bosnia sejak perang 1992-1995 berakhir.

Skets lukisan dilakukan oleh ilustrator komik Marvel, Enis Cisic dan diubah menjadi lukisan dinding oleh pelukis Zoran Herceg, yg memerlukan waktu sesuatu bulan setengah bagi menyelesaikannya.

Rencana buat mengabadikan David Bowie yg meninggal akibat kanker dalam usia 69 tahun pada 10 Januari 2010, pertamakali diusulkan oleh musisi Vedad Trbonja.

Proyek tersebut didukung oleh ribuan warga Bosnia yg banyak mengunggah foto-foto bergaya seperti Bowie di media sosial, termasuk juga rekan kerja Bowie.

Bowie tergerang melihat penderitaan warga Bosnia dan memakai ketenarannya buat membangkitkan kesadaran mengenai perang dan menggalang dana kemanusiaan, meski ia sendiri tak mengunjungi Sarajevo.

“Ini adalah cara bagi menghargai Bowie sebagai seniman dan sosok kemanusiaan dan mengabadikannya di kota yg belum sempat menyambutnya,” kata Adnan Comor, juru bicara kelompok yg menangani proyek buat tim Sarajevo.

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose