Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Fadli Zon Dukung Simposium Melawan PKI, Ini Alasannya

Fadli Zon Dukung Simposium Melawan PKI, Ini Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon mendukung rencana purnawirawan TNI bagi menyelenggarakan simposium melawan PKI pada 1 dan 2 Juni 2016.

Simposium melawan PKI ini dinilai sebagai tandingan Simposium Tragedi 1965 yg sebelumnya telah digelar pemerintah.

“Saya sih mendukung yg dikerjakan oleh pihak tentara supaya meluruskan. Kalau ada tiga, ada empat (simposium tandingan), aku kira boleh-boleh saja,” kata Fadli di DPP Gerindra, Sabtu (28/5/2016).

Para pensiunan TNI menganggap simposium sebelumnya tak mengakomodasi seluruh pihak sehingga mereka menetapkan buat membentuk simposium lain.

Menurut Fadli, simposium tandingan berguna buat komparasi sejarah yg terjadi pada masa lalu. Simposium tandingan juga bisa mewujudkan adanya kebebasan berekspresi.

“Semakin banyak yg melakukan dan ada komparasi aku kira sah-sah saja. Untuk melakukan freedom of expression,” ucap Fadli.

Sebelumnya, Ketua DPP Gerakan Bela Mayjen TNI (Purn) Budi Sujana mengatakan, diperlukan obyektivitas dan keterbukaan bagi meluruskan sejarah.

“Kami minta tolong, kalau mau bikin (simposium rekonsiliasi) mari bikin yg sama-sama, panitia sama banyak, pembicara seimbang,” ujarnya.

Begitu pun dengan korbannya, kata Budi, tidak cuma korban setelah 1965. Namun, juga digali penyebabnya dari tahun-tahun sebelumnya hingga tahun 1948.

Kompas TV Pemerintah Akan Selesaikan Kasus HAM 1965

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose