Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Polisi Spanyol Tangkap Tujuh Tersangka Pencuri Lukisan Bacon

Madrid (ANTARA News) – Polisi Spanyol pada Sabtu (28/5) menangkap tujuh orang yg diduga terlibat dalam pencurian lima lukisan bernilai 25 juta euro (sekitar Rp379,3 miliar) karya pelukis ternama Inggris, Francis Bacon.

Kelima lukisan itu dicuri pada Juli 2015 bersama dengan sebuah brankas berisi koleksi koin dan perhiasan yg belum ditemukan hingga kini.

Detektif Spanyol pada Februari didatangi penyelidik swasta Inggris yg khusus membidangi pemulihan karya seni yg menerima surel serta foto-foto sejumlah karya seni curian dan menanyakan apakah barang-barang itu masuk dalam daftar barang curian, kata kepolisian nasional dalam siaran pers.

Para penyidik kemudian menganalisis foto itu dan menyatakan bahwa kamera yg mengambil foto-foto tersebut punya sebuah perusahaan penyewaan peralatan fotografi yg memasok detail keterangan penyewanya ketika kelima lukisan itu difoto.

Penyewa yg dicurigai terlibat dalam pencurian tersebut termasuk di antara mereka yg ditahan bersama seorang penjual karya seni di Madrid dan anak lelakinya.

Sumber-sumber yg mengetahui penyidikan itu pada Maret menyampaikan bahwa pencuri tersebut kemungkinan menjalankan operasi secara profesional dengan mematikan sistem alarm ketika pemiliknya pergi ke London.

Pemilik lukisan-lukisan itu dilaporkan yaitu teman dekat Bacon.

Bacon, pelukis Inggris kelahiran Irlandia, meninggal dunia di Madrid tahun 1992 pada usia 82 tahun dan karya-karya ekspresionis-surealisnya masih banyak diburu.

Kematian Bacon meningkatkan reputasinya. Pada 2013, karyanya tahun 1969 “Three Studies of Lucien Freud” terjual 128 juta euro (sekitar Rp1,9 triliun) dalam lelang, mencatatkan rekor dunia pada waktu itu.

Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose