Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Terinspirasi Budaya Jepang, Restu Anggraini Pamerkan Koleksi Mokume

Terinspirasi Budaya Jepang, Restu Anggraini Pamerkan Koleksi Mokume

Jakarta (ANTARA News) – Terinspirasi dari kebudayaan Jepang, khususnya seni metalworking Mokume-Gane, fashion designer Restu Anggraini menunjukkan koleksi busana Ramadhan terbarunya dengan tema “Mokume”.

“Koleksi Mokume terinspirasi karya seni menggabungkan metal yang berasal Jepang, tapi di sini saya menerapkannya bukan di metal tetapi di kain yg membentuk sesuatu pattern besi yg telah ditempa,” kata Restu, dalam ajang Fashion Muslim Wardah, di Jakarta, Minggu.

Restu mengaku terinspirasi Mokume-Gane usai mengunjungi Jepang selama hampir 10 hari dua ketika lalu.

“Kemarin itu diundang oleh salah sesuatu perusahaan di Jepang yg mendukung bahan. Di situ saya belajar bagaimana membuat manipulasi kain,” ujar dia.

Perempuan yg akrab dipanggil Etu tersebut menyebut koleksinya kali ini mengusung tema “Traveling Friendly”. Pasalnya, koleksi Mokume mengedepankan kenyamanan dengan bahan yg gampang dikenakan.

“Lebaran kami biasanya berkunjung ke kerabat atau mudik, dahulu berpikir membuat bahan yg gampang digunakan. Traveling friendly karena tak perlu disetrika, kalau dicuci cepat sekali kering,” ujar Restu.

Lebih lanjut, Restu menjelaskan koleksi Mokume terbuat dari kain berbahan khusus campuran polyester dan katun. Sekilas, kain tersebut mirip parasut, namun lebih kelihatan kusut dan lebih dingin ketika dikenakan.

Untuk potongan baju, koleksi Mokume mengkombinasikan desain kimono dan abaya. Restu juga memilih sarna silver, nude, gold dan putih karena “cocok buat Ramadhan”.

Restu juga berharap koleksi terbarunya itu benar-benar bisa digunakan oleh masyarakat luas.

“Aku enggak pengen jual mahal-mahal, sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu, karena saya pengen ini sebagai basic item atau item wajib kalau mau traveling,” tutup dia.

VIDEO: https://youtu.be/TvPW1GbAhPU

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose