Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Jokowi Duga Ada Oknum Yang Memainkan Harga Jelang Puasa

Jokowi Duga Ada Oknum Yang Memainkan Harga Jelang Puasa

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil tiga menterinya ke Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/5/2016), bagi memastikan harga komoditas pokok turun menjelang puasa dan Lebaran.

Tiga menteri yg dipanggil ialah Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

“Presiden telah berulang kali memberikan instruksi kepada Mentan, Mendag, dan Menteri BUMN bagi dua komoditas penting itu harganya harus turun, bukan lagi stabil. Karena harganya telah berubah tinggi, maka harus diturunkan,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Presiden, lanjut Pramono, ingin mengubah citra selama ini bahwa setiap puasa dan Lebaran harga bahan pokok terus naik. Harga komoditas yg menjadi perhatian Presiden ialah gula, beras, bawang merah, bawang putih, daging ayam, dan daging sapi.

(Baca: Rizal Ramli: Arahan Presiden Jelas, Harga Daging Sapi Harus Rp 80.000)

“Sekarang harga pasar itu ada tangan-tangan yg ingin memperkuat dan memainkan harga tersebut,” kata Pramono.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini menambahkan, satu-satunya cara bagi menjaga harga tetap stabil adalah dengan membuka keran impor.

Untuk daging sapi, misalnya, pemerintah telah bekerja sama dengan Australia, Selandia Baru, dan India yg mulai mengimpor pasokan ke Indonesia.

“Sebenarnya dari sananya, Australia itu harganya rendah. Dari Australia itu sekitar Rp 58.000-an, tapi kenapa di sini sampai jadi Rp 120.000. Sementara itu, di Malaysia, Singapura, mereka mampu harga Rp 75.000. Indonesia harus dapat harga Rp 80.000,” ucap Pramono.

Kompas TV Bawang Putih “Sentuh” Harga Rp 50 Ribu per Kg

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose