Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

Mahfud MD: Pancasila Luar Biasa, Persatukan 1.340 Suku Bangsa

Mahfud MD: Pancasila Luar Biasa, Persatukan 1.340 Suku Bangsa

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menilai Pancasila sebagai ideologi yg luar biasa.

Sebab, menurut dia, cuma Pancasila yg bisa mempersatukan bangsa Indonesia.

“Pancasila sangat luar biasa. Bayangkan, Pancasila mampu mempersatukan 1.340 suku bangsa, 736 bahasa daerah, dan 6 agama,” kata Mahfud dalam pidatonya pada acara peringatan kelahiran Pancasila dengan tema “Indonesia Bersyukur” di Tugu Proklamasi, Jakarta, Rabu Malam (1/6/2016).

Sewaktu berada di Lebanon pada 2015 silam, Mahfud ditanya perihal mengapa Indonesia dapat bersatu. Ia menyebut persatuan Indonesia disebabkan oleh Pancasila.

“Saya katakan, ‘Bayangkan, India berdiri dahulu tak bisa mempertahankan dirinya, karena atas perbedaan agama. Pakistan menyatakan berdiri sendiri pada tahun 1947. Tahun 1971 karena perbedaan kulit, Bangladesh menyatakan perpisahan diri dari Pakistan,” ucap Mahfud.

“Di Indonesia tak ada perpecahan atas nama agama, tak ada perpecahan atas nama warna kulit, dan tak ada perpecahan atas bahasa,” kata Mahfud.

Menurut Mahfud, kuatnya Pancasila mengakar di masyarakat Indonesia, karena Sukarno menggali Pancasila dari akar masyarakat Indonesia.

Mahfud pun bercerita ketika diundang ke Maroko bagi memberi penjelasan perihal Mahkamah Konstitusi di depan ketua MK tiga puluh empat negara yg pernah dijajah Perancis.

Saat itu Mahfud mengatakan, Ketua MK Maroko kagum dengan Pancasila.

Menurut Mahfud, tantangan buat masyarakat Indonesia adalah implementasi Pancasila. Dia pun mengajak masyarakat bagi memperjuangkan implementasi Pancasila bagi memperkuat persatuan Indonesia.

Acara memperingati kelahiran Pancasila dihadiri oleh presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Ketua PBNU Said Aqil Siraj.

Peringatan hari kelahiran Pancasila terselenggara atas kerja sama 31 ormas yg tergabung dalam Aliansi Ormas Sosial, Keagamaan, Pemuda dan Mahasiswa.

Kompas TV Jokowi Peringati Hari Lahir Pancasila di Bandung

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose