Saturday , June 24 2017
Topik Terhangat

Seragam Spanyol: Antara Klasik Dan Unik

Seragam Spanyol: Antara Klasik Dan Unik

Tak banyak yg berubah dari desain seragam Spanyol bagi Piala Eropa 2016. Tradisi tetap terjaga, sementara perubahan drastis ada pada jersey tandang.

Spanyol kembali ke tampilan klasiknya, dengan memasangkan warna biru pada celana dan kaus kaki berkelir biru gelap. Pada kaus, sejumlah perubahan yg tampak ada pada pola-pola yg tersemat di segala bagian dan pada setrip ciri khas Adidas.

Pada seragam kandang bagi Piala Eropa 2016 nanti, ada pola segitiga yg tersebar merata ke segala bagian kaus. Pola segitiga ini dinilai mencerminkan cara bermain Spanyol yg lekat dengan segitiga penempatan posisi para pemain di lapangan.

Seragam Spanyol: Antara Klasik Dan UnikAdidas

Sementara buat tiga garis Adidas, seandainya sebelumnya ditempatkan di bagian bahu sampai ke lengan, kini ada di bagian samping yg menjalar dari ketiak sampai bawah. Warnanya juga berubah, dari sebelumnya putih kini menjadi kuning.

Pada seragam ini disematkan teknologi Climacool yg menjamin kesejukan dan sirkulasi kelembapan yg baik. Teknologi ini dirancang berdasarkan pengembangan saksama Adidas, dengan memetakan titik-titik panas tubuh dan memberikan ventilasi mikro pada kaus bagi melepaskan panas tersebut.

Yang lebih menarik perhatian justru desain cerah dan mencolok pada seragam tandang Spanyol. Tak lagi memakai warna gelap, La Furia Roja sekarang justru mengenakan kelir putih dengan pola segitiga yg tersebar ‘acak’.

Persebaran pola segitiga tersebut ternyata milik makna alias tidak sepenuhnya acak. Itu yaitu gambar dari heat-map terciptanya gol Fernando Torres di final Piala Eropa 2012 silam. Ketika itu Spanyol menang telak 4-0 atas Italia dengan Torres mencetak gol ketiga.

Seragam Spanyol: Antara Klasik Dan UnikGetty Images Sport/David Ramos

Untuk menjaga unsur tradisional Spanyol, maka pola-pola tersebut diberi warna merah dan kuning. Merah juga menjadi warna yg dipakai pada tiga garis Adidas. Namun tidak seperti pada seragam kandang, pada jersey tandang ini warna dasar putih digunakan menyeluruh, pada celana dan kaus kaki.

Maka seandainya pada seragam kandang unsur klasik dan tradisional lebih kental terasa, di seragam tandangnya Spanyol memamerkan karakter yg lebih hidup dan unik.

(a2s/raw)
Sumber: http://sport.detik.com

Komentar Anda

You might also likeclose