Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Barack Obama: Muhammad Ali Yang Terbaik

Barack Obama: Muhammad Ali Yang Terbaik

Washington DC – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, turut memberikan penghormatan terhadap Muhammad Ali. Dalam pernyataannya, Obama menyebut Ali sebagai ‘Yang Terbaik’.

“Muhammad Ali adalah Yang Terbaik. Titik,” demikian Obama membuka pernyataannya seperti dilansir oleh The Guardian.

Ali, legenda tinju dunia dan ikon perlawanan untuk dua kalangan itu, tutup usia pada 3 Juni 2014 waktu setempat setelah sempat dilarikan ke rumah sakit di Phoenix, Arizona. Ali meninggal dunia pada usia 74 tahun.

Ia bertarung melawan penyakit Parkinson selama lebih 32 tahun dan dalam dua tahun terakhir telah jarang tampil ke publik. Sikap dan pendiriannya di luar ring, selain kemampuannya menaklukkan lawan di atas ring, membuat Obama tergerak buat memberikan penghormatan.

“Jika kau bertanya kepadanya, dia mulai mulai menjawabnya. Dia mulai menjawab bahwa dialah yg terbaik dari yg terbaik; bahwa dia telah ‘menangkap petir, menjebloskan kilat ke penjara’.”

“Tapi, apa yg membuatnya jadi yg terhebat –yang memisahkannya dari yg lainnya– adalah seluruh orang mulai berkata hal yg sama tentangnya.”

“Sama seperti seluruh orang, aku dan Michelle juga berduka atas kepergiannya. Tapi, kalian segala juga berterima kasih kepada Tuhan, betapa beruntungnya kami segala dapat mengenalnya, meski hanya sebentar; betapa beruntungnya kalian bahwa ‘Yang Terbaik’ memilih bagi hadir di masa kami hidup,” demikian pernyataan Obama.

Ali tak cuma dikenal sebagai petinju yg tangguh, tapi juga orang yg bersuara lantang atas ketidakadilan. Ia menolak bagi dikirim perang ke Vietnam karena merasa tak ada yg perlu diperangi di sana. Ia lebih memilih buat masuk penjara ketimbang berangkat perang.

“Muhammad Ali sudah mengguncang dunia. Dan dunia jadi lebih baik karenanya. Kita segala jadi lebih baik karenanya. Saya dan Michelle mengucapkan duka yg mendalam kepada keluarganya, dan kalian mendoakan bahwa pertarung terhebat sepanjang zaman mampu beristirahat dengan tenang,” kata Obama.

(roz/nds)
Sumber: http://sport.detik.com

Komentar Anda

You might also likeclose