Monday , September 25 2017
Topik Terhangat

George Foreman Juga Ikut Beri Penghormatan Untuk Ali

George Foreman Juga Ikut Beri Penghormatan Untuk Ali

London – Ucapan duka dan penghormatan selalu berdatangan buat Muhammad Ali. Tidak terkecuali dari mantan rival Ali, George Foreman, yg juga ikut kehilangan.

Foreman, yg yaitu lawan Ali dalam duel akbar ‘Rumble in the Jungle’, menyebut bahwa Ali bukanlah atlet biasa. Dalam wawancaranya dengan BBC Radio 4, Foreman menyampaikan bahwa Ali sudah mendobrak batas-batas dan mengubah pandangan banyak orang terhadap orang-orang kulit hitam.

“Banyak orang kulit hitam yakin bahwa mereka tak cantik, yg kulit putihlah yg cantik. Tapi, Ali membuat mereka mengubah pemikiran itu,” ujar Foreman.

“Tiap anak, entah apa warna kulitnya, saat mereka melihat Muhammad Ali, mereka menjadi orang yg lebih baik dan mereka merasa menjadi bagian dari dirinya dan dia bagian dari diri mereka.”

“Dia jauh lebih indah dari pembicaraan soal warna kulit,” kata Foreman.

Ali meninggal dunia pada 3 Juni 2016 waktu setempat setelah sempat dilarikan ke rumah sakit di Phoenix, Arizona. Ali meninggal dunia pada usia 74 tahun.

Dalam 32 tahun terakhir, ia berjuang melawan penyakit parkinson yg diidapnya. Ini juga membuatnya jarang tampil ke publik dalam dua tahun belakangan.

Pertarungan antara Ali dan Foreman yg bertajuk ‘Rumble in the Jungle’ itu digelar di Kinshasa, Zaire (sekarang Republik Demokratik Kongo), pada 30 Oktober 1974.

Malam itu, Ali menang atas Foreman. Beberapa pengamat menyebut, pada pertarungan tersebut, Ali memamerkan bahwa ia tak cuma kuat, tapi juga cukup cerdas buat mengatur strategi.

Ali membiarkan Foreman mendominasi nyaris sepanjang pertarungan; ia cuma bertahan memakai taktik ‘rope-a-dope’ –di mana ia berpura-pura terperangkap di dekat tali ring, membiarkan lawan melepaskan pukulan tidak efektif– sembari menunggu Foreman kehabisan energi.

Ketika Foreman kehabisan energi, barulah Ali balik melawan. Hasilnya, ia merobohkan Foreman pada ronde kedelapan.

(roz/mfi)
Sumber: http://sport.detik.com

Komentar Anda

You might also likeclose