Tuesday , September 26 2017
Topik Terhangat

Menkominfo Berniat Rancang Aplikasi Terpadu Untuk Guru Di Daerah

Menkominfo Berniat Rancang Aplikasi Terpadu Untuk Guru Di Daerah

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara berniat menggodok rancangan aplikasi, yg bisa menolong para guru bekerja di sekolah-seolah yg wilayahnya jauh dari pusat kota. 

Hal ini tercetus dari program Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT) yg menolong masyarakat di desa tertinggal buat memajukan pertanian dan nelayannya.

“Kami mau membuat aplikasi desanya spesifik. Kami jadi ter-trigger membuat program buat guru,” ujar Rudiantara dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (4/6/2016).

Rudiantara mengatakan, aplikasinya tetap dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tapi pemasangannya nanti mulai disubsidi oleh Kemenkominfo.

Tujuannya agar para-guru di daerah menjadi melek teknologi dan memudahkan pekerjaan mereka.

Namun, Rudiantara belum memikirkan lebih jauh soal aplikasi itu. “Menkominfo milik program, memberikan subsidi, melakukan literasi dan mendorong agar teknologi dimanfaatkan,” kata dia.

“Nanti aku minta pak Anies khusus dibuatkan aplikasi-aplikasi di sekolah. Ini bagi daerah yg tertinggal ada 122 kabupaten dan itu layak mendapatkan subsidi,” lanjut dia.

Kemenkominfo sebelumnya menggelar sayembara Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT).

Isinya berupa kompetisi mencari aplikasi yg dapat memajukan desa pertanian, nelayan, dan pedalaman.

Langkah awalnya dengan mengumpulkan sebanyak mungkin ide yg mulai disaring menjadi 50 aplikasi terbaik.

Solusi tersebut mesti sangggup mencakup berbagai masalah, contohnya di lingkup mata pencaharian, akses layanan kesehatan, akses layanan keselamatan, atau akses layanan keamanan.

Adapun solusi yg diharapkan terkait komponen meliputi jaringan, perangkat, aplikasi, pendampingan, dan implementasi.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose