Wednesday , August 16 2017
Topik Terhangat

Mendikbud Buka Pesta Kesenian Bali Ke-38

Mendikbud Buka Pesta Kesenian Bali Ke 38

Denpasar (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan membuka Pesta Kesenian Bali ke-38 di Panggung Terbuka Ardha Candra Denpasar, Sabtu malam.

“Ekspresi seni di Bali adalah bagian dari keseharian yg jarang ditemui tak saja di Indonesia tapi di belahan dunia manapun. Kesenian di Bali bukan semata buat penghidupan tapi kehidupan itu sendiri,” katanya dalam sambutan pada pembukaan PKB tersebut.

Anies membuka PKB ditandai dengan pemukulan “kulkul” yg didampingi oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika dan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha.

Pihaknya melihat kesenian di Bali adalah wahana buat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air. Nilai-nilai luhur di Bali itu tak saja ditumbuhkan, tapi ada proses internalisasi, yg tak dapat dikerjakan di daerah lain.

“Ajang seni budaya adalah ajang bagi membangun karakter kemandirian,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyampaikan lewat tema yg diangkat dalam PKB tahun ini “Karang Awak, Mencintai Tanah Kelahiran” diharapkan melalui kreativitas berkesenian bisa memperlihatkan rasa bakti kepada tanah kelahiran dan ibu pertiwi.

“PKB juga menjadi wahana buat saling menukar kebudayaan, memperkaya khazanah budaya bangsa dan diplomasi kebudayaan,” ucapnya.

Pesta kesenian yg berlangsung pada 11 Juni – 9 Juli 2016 mulai diikuti oleh 225 sekaa atau kelompok kesenian di Bali dengan melibatkan sekitar 15.000 seniman dari Bali, luar daerah hingga seniman asing.

Selama sebulan, pelaksanaan PKB di Taman Budaya Denpasar diawali oleh pawai budaya, selanjutnya diisi dengan pagelaran kesenian, pameran kerajinan, parade kesenian, berbagai lomba dan sarasehan.

Dalam Pembukaan PKB kali ini juga diisi penyerahan sertifikat sembilan Tari Bali yg telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO oleh Mendikbud kepada Gubernur Bali.

Acara juga dirangkai dengan Pembukaan Konferensi Nasional Forum Kerukunan Antar-Umat Beragama. Pembukaan juga dimeriahkan dengan Pagelaran Oratorium “Markandya Bumi Sudh” yg dibawakan oleh Institut Seni Indonesia Denpasar.

Pada Sabtu sore, Presiden Joko Widodo sudah melepas Pawai Pesta Kesenian Bali di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Denpasar.

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose