Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Gol Milik Menangkan Polandia Atas Irlandia Utara

Nice – Polandia mengawali Euro 2016 dengan kemenangan 1-0 atas Irlandia Utara. Satu-satunya gol di laga itu dibuat oleh Arkadiusz Milik.

Di Allianz Riviera, Nice, Minggu (12/6/2016), Polandia kesulitan menemukan celah di pertahanan meeting Irlandia Utara pada 45 menit pertama laga.

Barulah di awal-awal babak kedua, tepatnya di menit ke-51, Polandia berhasil menjebol gawang Irlandia Utara lewat gol Milik. Setelah itu Irlandia Utara bermain lebih terbuka walaupun tidak ada gol lagi yg tercipta.

Hasil tersebut membuat Polandia kini mengoleksi 3 poin dan buat sementara memuncaki klasemen Grup C. Irlandia Utara sementara itu harus rela menandai debutnya di ajang Piala Eropa dengan kekalahan.

Jerman dan Ukraina, beberapa tim yang lain di grup ini, berikutnya mulai berhadapan di Stade Pierre-Mauroy, Villeneuve-d’Ascq. Kedua tim mulai kick-off pukul 02.00, Senin (13/6) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan

Polandia segera menekan. Di menit ke-3 Lukasz Piszczek mengirim umpan silang ke pertahanan lawan meskipun belum mampu dimaksimalkan rekan-rekannya. Sebelum itu juga ada tendangan bebas dari Jakub Blaszczykowski yg membentur pagar pemain lawan.

Sebuah bola liar mengarah ke Arkadiusz Milik di kotak penalti Irlandia Utara pada menit ke-6. Tapi usahanya melepaskan tendangan voli belum membuahkan hasil yg diinginkan. Tiga menit kemudian sontekan Milik juga membuat arah bola masih melebar.

Banyak ditekan, Irlandia Utara mencoba balik mencuri kesempatan di menit ke-18. Dari sayap kiri Shane Ferguson mencoba mengirim umpan silang tajam ke kotak penalti Polandia, meskipun belum terlalu menyulitkan Wojciech Szczesny yg segera maju bagi memeluk bola.

Diawali dari sebuah tendangan penjuru yg dihalau lawan di menit ke-22, Piszczek mencoba melepaskan tembakan voli dari luar kotak penalti. Bola melaju deras ke arah gawang, tapi masih ada Craig Cathcart yg memblok.

Lewat sebuah tekanan jarang yang lain dari Irlandia Utara di menit ke-27, bola lambung Jonny Evans jauh ke depan mencoba ditanduk Kyle Lafferty walaupun Szczesny telah lebih dahulu memetik si kulit bundar dari udara.

Dua menit kemudian serangan tiba lagi dari Polandia. Tendangan keras Milik mengarah ke gawang walaupun mampu diantisipasi kiper Michael McGovern–kendati sempat melepaskan bola pada usaha pertama.

Memasuki menit ke-31, lagi-lagi Polandia mampu peluang. Milik, yg mendapat bola di kotak penalti, dengan mantap menggiring bola menjauhi lawan dan mencari ruang tembak, walaupun penyelesaian akhirnya di tiang jauh kembali belum mengubah skor.

Di menit ke-39, kiper McGovern melakukan penyelematan krusial bagi Irlandia Utara. Ia menepis bola tendangan keras Bartosz Kapustka yg tampak mulai meluncur ke bagian atas gawangnya.

Tepat sebelum itu sempat ada klaim penalti Polandia karena menganggap Kyle Lafferty menyentuh bola dengan tangan, walaupun wasit tak sependapat dan selalu lanjut dengan permainan.

Gol Milik Menangkan Polandia Atas Irlandia Utara[REUTERS/Eddie Keogh]

Skor akhirnya berubah di menit ke-51. Operan Blaszczykowski dari kanan mengarah tepat ke Milik, yg kemudian melepaskan tembakan menyusur tanah nan jitu tanpa mampu diantisipasi oleh McGovern yg telah berusaha melompat ke arah kiri.

Enam menit kemudian Irlandia Utara mendapat tendangan bebas dari posisi cukup menjanjikan di kiri. Oliver Norwood mengirim bola ke depan gawang, tetapi ada Robert Lewandowski yg menyapu bola dengan sundulan kepala.

Di menit ke-67, Gareth McAuley dari Irlandia Utara sukses menyundul bola di jantung pertahanan lawan meski si kulit bundar masih mengenai pemain lawan. Dari sepak pojok yg menyusul, Szczesny menghalau bola dengan tinjunuya.

Polandia kemudian melakukan serangan balik cepat. Blaszczykowski menggiring bola di sisi kanan sebelum menyepak bola yg meluncur keluar lapangan tanpa menuju ke target. Di menit ke-70 bola sepakannya juga diblok lawan sampai akhirnya diamankan kiper.

Pemain pengganti Conor Washington melakukan penetrasi di kanan dan memenangi duel dengan pemain Polandia di menit ke-72. Tetapi larinya lantas dihentikan terjangan Szczesny yg merangsek maju bagi mengamankan bola.

Di menit ke-81, Kamil Grosicki yg yaitu pemain pengganti Polandia menyepak sebuah bola liar. Tembakannya mengarah ke target meskipun hanya membuahkan sepak pojok. Setelah itu Milik mendapat peluang tetapi tembakan volinya belum menyulitkan kiper lawan.

Irlandia Utara memiliki sebuah kesempatan bagus di menit ke-86. Dari tendangan bebas Oliver Norwood menyodorkan bola rendah menyusur tanah yg jadi operan terobosan jitu bagi Steven Davis. Tapi ia sedikit terpeleset sebelum mampu menyepak bola dengan pas.

Tiga menit kemudian Norwood berdiri di sisi kanan dari arah gawang buat kembali mengambil tendangan bebas. Kali ini bola kirimannya tak oke dan meluncur jauh tanpa mampu dikuasai rekan-rekannya.

Susunan Pemain

Polandia: Szczesny; Piszczek, Glik, Pazdan, Jedrzejczyk; Blaszczykowski (Grosicki 80′), Krychowiak, Maczynski (Jodlowiec 78′), Kapustka (Peszko 88′); Milik, Lewandowski.

Irlandia Utara: McGovern; McLaughlin, Cathcart, Jonny Evans, McAuley, Ferguson (Washington 66′); Norwood, McNair (Dallas 46′), Baird (Ward 76′); Davis, Lafferty.

(krs/nds)

Sumber: http://sport.detik.com

Komentar Anda

You might also likeclose