Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Tundukkan Ukraina, Irlandia Utara Raih Kemenangan Perdana Di Piala Eropa

Lyon – Irlandia Utara sukses menundukkan Ukraina 2-0. Sebagai debutan di Piala Eropa, ini adalah kemenangan perdana mereka di putaran final Piala Eropa.

Irlandia Utara belum pernah bermain di putaran final Piala Eropa sebelum Piala Eropa 2016 ini. Mereka akhirnya lolos ke putaran final setelah menjuarai Grup F, yg juga berisi Rumania dan Hongaria, di fase kualifikasi.

Setelah kalah 0-1 dari Polandia di laga pertama Grup C Piala Eropa 2016, Irlandia Utara akhirnya meraup poin penuh pertama mereka atas Ukraina.

Pertandingannya sendiri sempat dihentikan di menit ke-57 lantaran hujan es. Tetapi, laga tak berhenti lama.

Dengan hasil ini, Irlandia Utara berada di posisi ketiga Grup C dengan nilai 3. Kans mereka buat lolos ke babak berikutnya masih cukup besar. Sementara Ukraina berada di posisi keempat dengan nilai 0.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yg berlangsung di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Kamis (16/6/2016) malam WIB, Ukraina mendominasi penguasaan bola hingga 62% di babak pertama. Kendati begitu, mereka sempat kesulitan bagi menciptakan peluang di sekitar 15 menit pertama pertandingan.

Sebaliknya, Irlandia Utara justru mampu mendapatkan 1 shot on target dalam 15 menit pertama pertandingan, meski mereka selalu dikurung oleh pemain-pemain depan Ukraina.

Peluang sempat didapatkan Serhiy Sydorchuk di babak pertama ini. Pada menit ke-16, Sydorchuk mendapatkan ruang bebas, sebelum akhirnya melepaskan sebuah sepakan. Hanya saja, sepakannya melebar.

Pemain sayap Ukraina, Yevhen Konoplyanka, tampil apik pada babak pertama. Ia menjadi motor serangan timnya dan sempat mendapatkan sesuatu peluang pada menit ke-26. Sial baginya, tendangannya masih belum menemui sasaran.

Lewat setengah jam pertandingan, Irlandia Utara akan mampu keluar dari tekanan. Pada menit ke-34, sebuah sepak pojok disambut dengan sundulan oleh Craig Cathcart. Namun, sundulan Cathcart masih melambung tipis. Itulah peluang terbaik Irlandia Utara di babak pertama.

Setelahnya, Jamie Ward mendapatkan kesempatan pada menit ke-37. Namun, tendangannya melebar setelah mengenai badan pemain Ukraina.

Kapten Irlandia Utara, Steven Davis, juga sempat mendapatkan peluang pada menit ke-42. Ia melepaskan sebuah sepakan dari sisi kanan. Namun, tendangannya masih mampu dihalau oleh kiper Ukraina, Andriy Pyatov.

Babak pertama berakhir tanpa ada gol dari kedua kesebelasan.

Di babak kedua, dominasi Ukraina masih berlanjut. Pertandingan babak kedua baru berjalan sekitar semenit, Ukraina telah mendapatkan peluang. Dari sebuah sepak pojok, bola disundul oleh Yevhen Seleznyov. Namun, sundulannya melebar.

Ukraina selalu mendominasi penguasaan bola, tetapi akhirnya Irlandia Utara-lah yg akhirnya unggul lebih dulu. Pada menit ke-49, sebuah tendangan bebas dari sisi kiri lapangan mengawali terciptanya gol Irlandia Utara.

Tendangan bebas tersebut dieksekusi oleh Oliver Norwood. Bola mengarah ke tiang jauh, ke tempat Gareth McAuley berada. Ia melompat, mengungguli Yevhen Khacheridi, dan menanduk bola. McAuley tak terkawal dengan baik sehingga mampu dengan gampang menyundul bola, dan bola tersebut melesak ke sudut atas gawang Ukraina. Pyatov tak bereaksi sama sekali.

Setelah gol tersebut, Irlandia Utara sempat mendapatkan sesuatu peluang lagi lewat sepakan Norwood dari luar kotak penalti. Namun, tendangannya mengarah tepat ke tangkapan Pyatov.

Pada menit ke-57, pertandingan dihentikan sementara. Wasit Pavel Kralovec menetapkan buat menghentikan pertandingan lantaran hujan es akan turun. Pemain kedua tim pun masuk ke dalam lorong stadion.

Namun, pertandingan tak berhenti lama. Sekitar 5 menit kemudian, Kralovec menetapkan buat melanjutkan pertandingan.

Ukraina, kendati pun masih mendominasi dan tampil agresif, tetap tak mampu menciptakan peluang bersih. Seringkali mereka coba peruntungan dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti.

Pada menit ke-83, Olexandr Zinchenko, yg baru masuk di menit ke-82, mendapatkan peluang. Namun, sundulannya mengarah tepat ke tangkapan kiper Irlandia Utara, Michael McGovern.

Pada menit ke-89, gantian Konoplyanka yg mendapatkan kans. Ia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Hasilnya? Sepakannya melebar jauh.

Di tengah dominasi Ukraina itu, Irlandia Utara malah sukses mencetak gol kedua mereka. Pada injury time babak kedua, tepatnya pada menit 90+6, sebuah serangan dari kanan diselesaikan dengan tendangan oleh Stuart Dallas. Tendangan Davis masih dapat ditepis Pyatov, tapi bola rebound segera disambar oleh Niall McGinn.

2-0.

Susunan Pemain

Ukraina: Pyatov, Fedetskiy, Khacheridi, Rakitskiy, Shevchuk, Sydorchuk (Garmash 76), Stepanenko, Yarmolenko, Kovalenko (Zinchenko 82), Konoplyanka, Seleznyov (Zozulya 69).

Irlandia Utara: McGovern, Hughes, Cathcart, McAuley, J. Evans, Ward (McGinn 66), C. Evans (McNair 90+3), Davis, Norwood, Dallas, Washington (Magennis 83).

(roz/mfi)

Sumber: http://sport.detik.com

Komentar Anda

You might also likeclose