Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Diambil Alih BUMN, Tol Cimanggis-Cibitung Diharapkan Jokowi Selesai 2018

Diambil Alih BUMN, Tol Cimanggis Cibitung Diharapkan Jokowi Selesai 2018

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo geram banyak proyek jalan tol di Indonesia yg mangkrak. Bahkan tak pernah dilakukan meskipun konsesi telah diserahkan ke swasta.

Salah satunya adalah proyek tol Cimanggis-Cibitung yg konsesinya dipegang oleh PT Cimanggis–Cibitung Toolways.

“Ini sesuatu lagi yg bermasalah. Ini sejak 2006 (konsesi dipegang swasta) tetapi enggak dikerjakan,” ujar Jokowi ketika meninjau pembangunan proyek tol itu, Selasa (21/6/2016) sore.

Lantaran tak kunjung mengerjakan proyek itu, Jokowi mengaku memerintahkan BUMN buat mengambil alih buat langsung dimulai pengerjaannya.

“Kami ambil alih dari swasta dan sekarang dilakukan oleh PT Waskita (Waskita Karya). Ya telah diberi konsesi, tetapi enggak dikerjakan,” ujar Jokowi.

Sejak diambil alih oleh PT Waskita Karya awal 2015 ini, Jokowi mengapresiasi progres pembangunannya. Dari total panjang 26 kilometer, Waskita sudah membebaskan 0,7 persen lahan.

Pemerintah pun sudah menyiapkan uang bagi pembebasan lahan sisanya.

“Ini memang baru mulai. Kami siapkan duitnya Rp 1,5 triliun buat pembebasan lahan. mudah-mudahan enggak ada masalah,” ujar Jokowi.

Jika lancar, Jokowi menargetkan proyek tol tersebut rampung pada 2018 yg mulai datang.

“Ingat, ini bagi kepentingan sesuatu juta orang. Enggak bisalah ini dikalahkan oleh sesuatu beberapa orang. Proyek ini harus jalan buat mengatasi macet berkilo-kilometer,” ujar Jokowi.

Kompas TV Presiden Resmikan Tol Pejagan-Brebes Timur

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose