Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Wales Ke Perempatfinal Usai Singkirkan Irlandia Utara

Wales Ke Perempatfinal Usai Singkirkan Irlandia UtaraFoto: REUTERS/John Sibley

Paris – Wales memastikan sesuatu tempat di babak perempatfinal Piala Eropa. The Dragons menang 1-0 atas Irlandia Utara berkat gol bunuh diri Gareth McAuley.

Dalam pertandingan di Parc des Princes yg tuntas Minggu (26/6/2016) dinihari WIB, Wales tampil mendominasi dengan penguasaan bola 56%. Mereka juga lebih unggul dengan melepaskan tujuh tembakan.

Meski demikian, cuma sesuatu percobaan Wales yg mengarah ke gawang. Itu baru tercatat di pertengahan babak kedua. Sementara itu, Irlandia Utara melepaskan enam tembakan dengan tiga yg mengarah ke gawang.

Setelah tidak ada gol di babak pertama, kebuntuan baru terpecah di babak kedua. Serangan dari Wales lewat Gareth Bale menghasilkan gol bunuh diri McAuley.

Dengan kemenangan ini, Wales lolos ke perempatfinal. Mereka mulai menghadapi pemenang dari laga antara Hongaria dan Belgia yg mulai bertanding pada hari Senin (27/6/2016) pukul 02.00 WIB.

Jalannya Pertandingan

Wales memulai dengan baik di menit-menit awal. Namun Irlandia Utara perlahan menguasai bola.

Serangan Wales yg patah di menit ke-10 segera dimaksimalkan oleh Irlandia Utara buat menyerang balik. Setelah menyerang dari sisi kanan, bola kemudian dioper kepada Stuart Dallas yg bergerak dari kiri. Dallas melepaskan tembakan yg mengarah ke gawang, tetapi dapat ditepis oleh Wayne Hennessey dan cuma menghasilkan sepak pojok.

Wales sempat mencetak gol di menit ke-19. Umpan Neil Taylor dibelokkan oleh Sam Vokes yg ada di dalam kotak penalti. Bola jatuh ke Aaron Ramsey yg berdiri di depan gawang dan mengonversikannya menjadi gol. Tapi wasit menganulirnya karena Ramsey lebih dahulu ada di posisi offside.

Irlandia Utara gantian mengancam lewat tembakan jarak jauh Jamie Ward. Tak mau ambil risiko, Hennessey menepis bola ke atas gawang.

Wales lantas mendominasi permainan. Namun mereka masih kesulitan membongkar pertahanan Irlandia Utara. Sampai babak pertama usai, skor 0-0 tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Irlandia Utara mengambil inisiatif menyerang. Tekanan dilancarkan oleh Irlandia Utara, namun belum ada peluang bersih yg diciptakan.

Peluang bagus justru didapat Wales di menit ke-53. Ramsey mengirim umpan dari sisi kanan dan disambut sundulan oleh Vokes. Tapi upaya striker Burnley itu masih melenceng dari gawang.

Lima menit berselang, Wales mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti. Bale yg telah mencetak beberapa gol lewat tendangan bebas maju sebagai eksekutor.

Tendangan kaki kiri Bale melewati pagar betis Irlandia Utara dan mengarah ke pojok kanan bawah gawang. Tapi Michael McGovern dapat menebak arah bola dengan tepat dan menghalaunya. Itu adalah shot on target pertama Wales dalam pertandingan ini.

Terus mendominasi permainan, Wales akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-75. Adalah gol bunuh diri yg memberi Wales keunggulan.

Bale yg bergerak dari sisi kiri mengirim umpan ke depan gawang. Gareth McAuley yg coba menghalau bola justru mengarahkannya ke gawang sendiri. Wales 1-0 Irlandia Utara.

Di sisa waktu pertandingan, Irlandia Utara selalu menekan buat mencari gol balasan. Namun hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada tambahan gol yg tercipta.

Susunan Pemain

Wales: Hennessey; Gunter, Chester, Williams, Davies, Taylor; Ledley (Williams 64′), Allen; Ramsey, Bale; Vokes (Robson-Kanu 55′)

Irlandia Utara: McGovern, McAuley (Magennis 84′), J.Evans, Davis, Lafferty, C.Evans, Dallas, Norwood (McGinn 79′), Hughes, Ward (Washington 69′), Cathcart

(nds/raw)

Sumber: http://sport.detik.com

Komentar Anda

You might also likeclose