Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1437 H Pada 4 Juli

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1437 H Pada 4 Juli

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Muhammad Thambrin mengatakan, Kementerian Agama mulai menggelar sidang penetapan (isbat) 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah pada Senin (4/7/2016) mendatang.

Sidang ini mulai dihadiri oleh Menteri Agama, duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat RI, perwakilan Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam mulai menggelar sidang isbat awal bulan Syawal 1437 H pada Senin (4/7/2016)),” kata Thambrin, seperti dikutip dari Antara, Senin.

Sidang ini juga mulai dihadiri Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1437 H Pada 4 Juli

“Sidang isbat yaitu wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku wakil pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yg hasilnya diharapkan bisa dilaksanakan bersama,” kata dia.

Proses sidang mulai dimulai pada pukul 17.00 WIB dengan diawali pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1437 H.

Adapun, proses sidang isbatnya dijadwalkan berlangsung selepas salat Maghrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

“Hasil rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Syawal 1437 mulai dimusyawarahkan dalam sidang isbat awal Syawal bagi kemudian diambil keputusan penentuan awal Syawal 1437 H,” ujar Thambrin.

Sidang isbat mulai dikerjakan secara tertutup dan hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang.

Thambrin menyampaikan Kementerian Agama mulai menurunkan sejumlah pemantau hilal Syawal 1437H di segala provinsi di Indonesia.

Mereka adalah petugas Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag kabupaten/kota yg bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan ormas Islam serta instansi terkait setempat.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose