Saturday , September 23 2017
Topik Terhangat

Idris Elba Diundang Masuk Juri Oscar

Los Angeles (ANTARA News) – Penyelenggara piala Oscar, yg mendapat protes keras karena anggotanya dianggap kurang beragam, menyampaikan mereka sudah mengundang hampir 700 orang baru yg kebanyakan perempuan.

Idris Elba, America Ferrera, Oscar Isaac, John Boyega, Eva Mendes dan peraih Aktris Terbaik 2016 Brie Larson adalah nama-nama yg masuk ke dalam 683 anggota potensial baru, kata The Academy dalam siaran pers, seperti yg diberitakan Reuters.

Sebanyak 46 persen dari mereka yg diundang yaitu perempuan dan 41 persen adalah ras berkulit berwarna, berusia 24-91 tahun dan termasuk sutradara, produser, sinematografer dan komposer.

“Mereka meneruskan komitmen jangka panjang bagi menyambut bakat luar biasa yg menggambarkan para pekerja film hari ini,” kata Presiden Academy Cheryl Boone Isaacs.

“Kami mengundang komunitas kreatif yg lebih besar buat membuka pintu lebr-lebar dan membuat kesempatan bagi siapa saja yg tertarik bekerja di industri ini.”

20 nominator Oscar tahun ini adalah kulit putih dan terjadi dalam beberapa tahun berturut-turut, menimbulkan kritik di dunia maya dengan tanda pagar #OscarsSoWhite.

Pembawa acara Oscar Chris Rock pun berkomentar cukup pedas ketika acara berlangsung dan diboikot oleh sutradara Spike Lee dan aktris Jada Pinkett Smith.

Anggota Academy yg kebanyakan terdiri dari kulit putih, laki-laki dan pemain lama di industri film sejak lama disebut sebagai penghalang persamaan ras dan gender di penghargaan film bergengsi tersebut.

Penyelenggara kemudian merespon dengan mengumumkan program baru dan menargetkan lebih banyak anggota perempuan dan kulit berwarna pada 2020.

Anggota baru potensial ini mulai tidak mengurangi jumlah perempuan dari 25 persen menjadi 27 persen, dibanding tahun lalu.

Ras kulit berwarna mulai menjadi 11 persen dari total anggota, naik dari 8 persen tahun dahulu 2015.

Bila 683 undangan sudah masuk, organisasi tersebut mulai memiliki 7.789  orang.

The Academy juga memperkenalkan peraturan keanggotaan baru buat menghapus hak istimewa untuk dua anggota tua.

Di bawah peraturan baru ini, hak suara seumur hidup cuma mulai diberikan pada para anggota yg aktif di industri fil lebih dari 30 tahun atau menang atau masuk nominasi Oscar.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose