Tuesday , August 22 2017
Topik Terhangat

Nusron: Jihad Paling Besar Adalah Melawan Nafsu Korupsi

Nusron: Jihad Paling Besar Adalah Melawan Nafsu Korupsi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Nusron Wahid mengatakan, jihad yg paling besar buat umat Muslim adalah perang melawan hawa nafsu. Menurut dia, salah sesuatu hawa nafsu yg terberat adalah nafsu buat melakukan korupsi.

“Jihad paling akbar juga perang melawan hawa nafsu. Hawa nafsu yg paling nyata di depan mata dan menjadi realitas publik adalah korupsi,” ujar Nusron ketika memberikan ceramah seusai shalat Idul Fitri 1437 H di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (6/7/2016).

Menurut Nusron, korupsi mampu gampang terjadi dalam berbagai bentuk. Misalnya, upaya manipulasi, kesewenang-wenangan dan penyalahgunaan kekuasaan buat kepentingan pribadi atau kelompok.

Nusron mengatakan, sesuai pendapat ulama, korupsi adalah sifat jahat yg tak pantas dikerjakan manusia yg beradab. Puasa yaitu salah sesuatu cara buat melawan sifat jahat yg tak pantas dikerjakan tersebut.

Nusron: Jihad Paling Besar Adalah Melawan Nafsu Korupsi

Meski demikian, menurut Nusron, ketika ini banyak yg manjalankan ibadah puasa cuma sebagai simbolik. Di sisi lain, korupsi dan penyalahgunaan juga masih marak dan lancar dilakukan.

Nusron mengajak umat Muslim agar bulan Ramadhan ini dijadikan momentum amnesty (pengampunan) atas dosa dan perilaku sosial masyarakat di Indonesia. Dengan demikian, puasa dan ibadah yg dikerjakan ketika Ramadhan benar-benar bermakna.

“Cukup dengan declare dan pengakuan, penyesalan bagi tak mengulangi kesalahan ritual maupun sosial kita,” kata Nusron.

Kompas TV Toleransi Agama, Pemuda Kristen Sulawesi Utara Jaga Keamanan Salat Id

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose