Saturday , June 24 2017
Topik Terhangat

Jokowi Ingatkan Pelaku UMKM Juga Bisa Ikut “Tax Amnesty”

Jokowi Ingatkan Pelaku UMKM Juga Bisa Ikut Tax Amnesty

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menegaskan, kebijakan pengampunan pajak tak cuma mampu diikuti pelaku usaha besar atau yg menyimpan dananya di luar negeri.

Kebijakan itu juga mampu diikuti pelaku usaha kecil atau segala warga Indonesia. “Misalnya UMKM yg cuma memiliki omzet di bawah Rp 48 miliar, cepat ikut. Jangan sampai telat,” ujar Jokowi dalam sosialisasi UU Pengampunan Pajak di Hotel Santika, Medan, Jumat (22/7/2016).

Jokowi mengatakan, ketika ini yaitu momen terbaik buat pelaku usaha warga negara Indonesia buat mengikuti kebijakan pengampunan pajak. Kebijakan itu sudah mendapatkan dukungan, baik secara hukum, sosial hingga politik.

“Semuanya itu meyakinkan saudara-saudara. Kapolri baru juga mendukung,” ujar Jokowi.

(Baca: Wapres Anggap Sombong Pengusaha yg Tak Mau Pakai “Tax Amnesty”)

Jokowi menyadari, kebijakan serupa pernah gagal diterapkan pemerintahan Indonesia di masa lalu, yakni tahun 1964 dan 1984.

Kegagalan itu lebih disebabkan situasi politik yg tidak mendukung dan terjadi ‘booming’ minyak serta penjualan kayu. Namun, sejarah itu bukan berarti menjadi halangan buat diterapkan kembali ketika ini.

Ia percaya dengan situasi ketika ini, pengampunan pajak mulai meraih kesuksesan. Jokowi mulai memimpin segera pelaksanaannya.

“Banyak negara gagal, tetapi banyak juga yg berhasil. Saya ingin amnesti pajak berhasil dan pengawasnya itu aku sendiri melalui intelejen dan BPKP,” ujar Jokowi.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menambahkan, pelaku usaha kecil mulai jauh lebih tenang dan pasti dalam berusaha seandainya ikut serta dalam program pengampunan pajak ini.

“Dengan mengikuti tax amnesty, bapak dan ibu mampu berusaha dengan tenang. Tidak perlu khawatir bertanya-tanya, apakah laporan pajak aku telah benar. Lebih gampang juga bagi mendapatkan akses bagi modal yg besar dan menjadi pengusaha besar,” ujar Bambang.

Kompas TV Pengampunan Pajak Akan Dimulai Senin Depan

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose