Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

Ketua Komnas HAM: Toleransi Masih Jadi Barang Mewah

Ketua Komnas HAM: Toleransi Masih Jadi Barang Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Komnas HAM Imdadun Rahmat menilai angka intoleransi terhadap kehidupan beragama di Indonesia masih cukup tinggi.

Imdadun mengingatkan bahwa setiap warga negara memiliki kewajiban bagi saling menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam kebebasan beragama.

“Bahwa intoleransi ternyata masih jadi barang mewah, tak seluruh umat menghargai, memahami, dan menghayati penghormatan terhadap perbedaan,” ujar Imdadun dalam Seminar Pluralisme di Jakarta, Sabtu (10/9/2016).

Sebagai contoh, menurut Imdadun, Komnas HAM ketika ini sedang menangani 97 perkara intoleransi terkait pendirian rumah ibadah.

Kasus yg paling banyak, terjadi pada pembangunan gereja kristen. Namun, banyak juga perkara intoleransi dalam pembangunan masjid dan mushala.

“Hal ini membuktikan bahwa kelompok mayoritas masih cenderung menindas kelompok minoritas. Masyarakat terbukti belum dapat merayakan perbedaan,” kata Imdadun.

Menurut Imdadun, dalam perspektif hak asasi manusia, kebebasan beragama yaitu satu yg harus dijunjung tinggi, karena disamakan dengan hak buat hidup.

Kebebasan tersebut mencakup hak buat membangun tempat ibadah, dan ekspresi dalam menjalankan agama.

 

 

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose