Sunday , August 20 2017
Topik Terhangat

Empat Tersangka Distributor Sabu Malaysia Ditangkap

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim Narcotics Investigation Centre (NIC) Bareskrim Polri membekuk empat orang yg diduga bagian sindikat peredaran narkoba Malaysia-Indonesia.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen (Pol) Dharma Pongrekun menjelaskan, tersangka pertama yg ditangkap, berinisial AY (36), warga negara Indonesia. Awalnya, Tim NIC mendapat keterangan adanya pengiriman sabu dari Malaysia ke Indonesia melalui Pulau Batam.

“Setelah diintai, 29 Oktober 2016 kalian menangkap AY di Batam. Dia adalah orang gudang yg menerima sabu dari Malaysia,” ujar Dharma melalui pesan singkat, Sabtu (5/11/2016).

Bersamaan dengan penangkapan itu, tim menyita sebanyak 6,3 kilogram sabu yang berasal Malaysia. Tim dulu menginterogasi AY dan melakukan pengembangan.

Dari pengembangan itu, tim menangkap tersangka kedua, berinisial CG (40). Ia berperan sebagai pengendali gudang.

Tidak membutuhkan waktu lama, tim membekuk seorang tersangka lagi berinisial DO (35) di salah sesuatu perumahan di Batam. DO adalah ‘transporter’ atau orang yg membawa sabu dari Malaysia ke Batam.

“Berdasarkan informasi DO, cara pengirimannya melalui speed boat. Sabu dibungkus aluminium foil kemudian disembunyikan di dalam speed boat,” ujar Dharma.

Terakhir, tim membekuk JN (33) di Kabupaten Aceh Utara, dua hari kemudian. JN diketahui berperan sebagai koordinator ketiga tersangka lain. Ia bertugas mengatur pengiriman sabu itu.

Berdasarkan informasi JN, sabu tersebut rencananya mulai dipasarkan di sejumlah kelab malam di Bandung, Surabaya, Palu, Batam, Jambi, Medan dan Papua.

Dharma percaya masih ada pelaku dalam sindikat ini. Dia mengatakan, perburuan pelaku yang lain sedang dalam proses. Adapun, keempat tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Keempat tersangka itu diancam hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose