Monday , June 26 2017
Topik Terhangat

PM Belanda Sebut Jokowi Tawarkan Cari Bangkai Kapal Perang Yang Hilang

PM Belanda Sebut Jokowi Tawarkan Cari Bangkai Kapal Perang Yang Hilang

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia dan Belanda sepakat saling bertukar keterangan buat mengetahui penyebab lenyapnya bangkai kapal perang Belanda dan Inggris yg tenggelam di Laut Jawa, pada 1942 silam.

Kerja sama itu diungkapkan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte setelah rapat bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/11/2016).

“Ke depannya kalian mulai selalu berkoordinasi dan saling bertukar keterangan perihal apa yg terjadi bagi menemukan penyebabnya,” ujar PM Rutte.

PM Rutte sekaligus berterima kasih kepada Presiden Jokowi yg disebut sudah menawarkan bantuan bagi mengetahui penyebab lenyapnya bangkai kapal itu.

“Terima kasih kepada Indonesia yg sudah menawarkan bantuan setelah kalian mendengar kabar menyedihkan tentang bangkai kapal yg hilang. Kapal hilang itu adalah kapal perang di Laut Jawa,” ujar PM Rutte.

Belum ada pernyataan resmi dari Pemerintah Indonesia tentang pernyataan PM Rutte tersebut.

Diberitakan, Belanda dan Inggris memprotes hilangnya enam bangkai kapal yg tenggelam di Laut Jawa selama Perang Dunia II.

Salah sesuatu kapal yg dimaksud, yakni Hr Ms De Ruyter sepanjang 170 meter. (Baca: Kapal Perang Hilang di Laut Jawa, Belanda dan Inggris Protes ke Indonesia)

Penyelam amatir masih melihat bangkai kapal-kapal itu 15 tahun lalu.

Namun, baru-baru ini tim ekspedisi internasional yg dikirim ke lokasi tenggelamnya kapal itu tak menemukan apa-apa selain tanda-tanda bekas tenggelamnya kapal.

Kepala Pusat Arkeologi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bambang Budi Utomo menegaskan, Indonesia menolak disalahkan atas lenyapnya bangkai kapal itu.

“Pemerintah Belanda tak mampu menyalahkan pemerintah Indonesia karena mereka tak pernah meminta kalian buat melindungi kapal-kapal mereka,” ujar Budi.

“Karena tak ada kesepakatan atau pengumuman saat kapal-kapal itu hilang, jadi itu bukan tanggung jawab kami,” kata dia.

(Baca: Kapal Perang Hilang di Laut Jawa, Indonesia Tolak Tuduhan Belanda)

Kompas TV Menikmati Belanda Ala Lembang

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose