Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

Menpora Nahrawi Apresiasi Timnas Lolos Ke Semifinal AFF

Menpora Nahrawi Apresiasi Timnas Lolos Ke Semifinal AFF

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengapresiasi lolosnya Timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF 2016 setelah dalam pertandingan terakhir babak penyisihan Grup A di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Jumat (25/11), menang 2-1 atas Singapura.

Dengan kemenangan tersebut, Andik Vermansyah dan kawan-kawan menjadi runner up Grup A dengan raihan empat poin dari tiga pertandingan. Sedangkan pemuncak klasemen Thailand mengumpulkan poin sempurna 9.

“Saya senang dan bangga melihat penampilan pasukan Merah Putih yg akhirnya membawa hasil yg memuaskan dengan lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Singapura. Saya ingin tren kemenangan selalu menjadi kabar baik buat kebangkitan sepak bola Indonesia,” kata Imam Nahrawi dalam informasi tertulisnya.

Menurut dia, perjuangan menuju puncak kejuaraan beberapa tahunan ini masih panjang. Untuk itu pihaknya meminta kepada semua pemain bermain dengan fokus, kuatkan tim serta bulatkan tekad dan niat buat menjadikan tim Merah Putih menjadi yg terbaik.

Perjuangan anak asuh Alfred Riedl buat lolos ke babak semifinal tak mudah. Selain karena ada batasan jumlah pemain yg dapat dipanggil masuk timnas, tim Garuda juga dihadapkan dengan lawan berat di Grup A merupakan Filipina, Thailand, dan Singapura.

Pada laga perdana melawan Thailand, Andik Vermansyah dan kawan-kawan segera tersungkur dengan kalah 2-4. Beruntung pada pertandingan lainnya, Singapura versus Filipina berakhir imbang dengan skor 0-0, sehingga asa Indonesia bagi lolos ke babak berikutnya masih terbuka.

Selanjutnya, pada pertandingan kedua merupakan melawan tuan rumah Filipina, tim Garuda tampil cukup bagus karena bisa unggul terlebih dahulu. Hanya saja, setiap keunggulan yg didapat dapat dikejar oleh lawan dan kedudukan berakhir sama kuat 2-2. Sedangkan Thailand kembali menang setelah mengalahkan Singapura 1-0.

Dengan kekalahan Singapura dan dapat menahan imbang Filipina, kans Indonesia jauh lebih besar. Anak asuh Alfred Riedl ini mampu lolos seandainya dapat menang atas Singapura, sedangkan Filipina kalah dari Thailand. Kondisi itu benar terjadi setelah tuan rumah menyerah 0-1 dari Negeri Gajah Putih itu.

Andik Vermansyah dan Stefano Lilipaly mampu dikatakan sebagai bintang pada pertandingan melawan Singapura karena lewat gol-golnya mampu membawa Indonesia lolos ke semifinal pada kejuaraan perdana yg diikutinya pascaterbebas dari sanksi FIFA.

Kedua pemain ini selama ini tak memperkuat tim yg bertanding di Indonesia Soccer Championship (ISC), namun lebih memilih mengadu nasib di Selangor FC Malaysia buat Andik Vermansyah dan SC Telstar Belanda untuk pemain naturalisasi Stefano Lilipaly.

Timnas Indonesia yg mulai kembali ke Tanah Air, Sabtu (26/11) pada babak semifinal mulai berhadapan dengan juara Grup B merupakan Vietnam. Pertandingan semifinal pertama rencananya digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, 3 Desember dan semifinal kedua di Vietnam pada 7 Desember.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose