Tuesday , August 22 2017
Topik Terhangat

Trump Dilantik, Jokowi Optimistis Hubungan Indonesia-AS Akan Lebih Baik

Trump Dilantik, Jokowi Optimistis Hubungan Indonesia AS Akan Lebih Baik

BOGOR, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo optimistis hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) mulai berjalan lebih baik setelah Presiden Donald Trump dilantik, Jumat (20/1/2017).

“Saya optimis hubungan Indonesia-AS mulai lebih baik tapi harus saling menguntungkan kedua belah pihak,” kata Presiden usia mengikuti kejuraan panahan Bogor Terbuka 2017 di Lapangan Pusat Pendidikan Zeni TNI Angkatan Darat di Kota Bogor, Minggu (22/1/2017).

Presiden juga mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden AS Donald Trump dan mencermati pidatonya dengan mengaris bawahi saling menguntungkan dalam kerjasama dengan negara lain.

“Saya garis bawahi adalah saling menguntungkan. Kami optimistis hubungan Indonesia-AS mulai berjalan baik,” katanya.

Presiden mengaku telah menelpon presiden AS ke-45 tersebut dan Donald Trump mengatakan bahwa memiliki banya kawan di Indonesia.

“Donald Trump mengatakan kawan aku di Indonesia banyak. Saya milik bisnis di Indonesia, dia menyampaikan seperti itu,” ungkap Presiden.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Donald Trump dilantik sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS). Dengan tangan diletakkan di atas kitab suci Injil yg biasa digunakan keluarganya dan dengan kitab lainnya yg digunakan dalam pelantikan Presiden ke-16 Abraham Lincoln, Trump mengucapkan sumpah di hadapan Ketua Mahkamah Agung John Roberts.

Setelah menjalani upacara pengambilan sumpah yg berlangsung di Gedung Capitol, Washington DC, sosok yg tak memiliki pengalaman pemerintahan ataupun militer itu resmi menjabat sebagai Presiden AS.

Pelantikan tersebut menjadi titik puncak kebangkitan kekuasaan politik Amerika untuk Trump, pengusaha miliarder berusaha berusia 70 tahun dari New York.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose