Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

Kalemnya Jokowi-JK Tanggapi Cuitan SBY ‘juru Fitnah Berkuasa’

Kalemnya Jokowi JK Tanggapi Cuitan SBY juru Fitnah Berkuasa

Kicauan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapat reaksi dari pihak pemerintah. SBY mengeluhkan keadaan negara ketika ini dengan menyebut ‘juru fitnah dan penyebar hoax telah berkuasa’.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pertarungan terhadap keterangan hoax telah lama dikerjakan dan selalu digencarkan. Dia juga mendorong agar semua masyarakat membangun sebuah nilai-nilai kesopanan serta kesantunan dalam berucap.

“Saya kira kami berhadapan dengan persoalan keterbukaan ini ya, seperti itu ya kami hadapi karena segala negara juga menghadapi. Enggak perlu banyak keluhan ya,” kata Jokowi di Lapangan Pusdikzi TNI AD, Bogor, Minggu (22/1).

Jokowi juga dua kali meminta agar menciptakan kesejukan di dunia maya dengan memberikan informasi-informasi positif. Jangan sampai masyarakat menelan mentah-mentah keterangan berbau fitnah sehingga mampu memecah belah keutuhan bangsa.

Apakah Jokowi merasa yg disampaikan ke SBY sasaran tembaknya pemerintah? “Kalau aku kerja itu terus membangun sebuah optimis, terus mendorong masyarakat itu bekerja lebih optimis ya,” tuturnya.

Wakil Presiden M Jusuf Kalla tak mempermasalahkan kicauan SBY di twitter. Menurutnya, hal itu yaitu pendapat pribadi yg harus dihormati

“Tidak apa-apa, kami terima sebagai masukan. Twitter itu sifatnya pendapat pribadi. Ya silakan saja. Bukan buat sependapat atau tidak,” terang JK di Makassar, Sulsel, Minggu (22/1).

Lebih lanjut JK menegaskan bahwa siapa saja boleh mengatakan pendapat pribadinya selama tak melanggar perundang-undangan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto juga menanggapi santai cuitan SBY. Menurut dia, cuitan itu ditujukan kepada Tuhan.

“Itu kan cuitan beliau kepada Tuhan. Ya kepada Tuhan mengeluhnya,” kata Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/1).

Menurutnya, seluruh pihak tidak perlu risau dan membesar-besarkan persoalan. “Saya kan telah mengalami mendampingi empat presiden. Setiap era pasti ada sesuatu keadaan yg fluktuatif. Kondisi yg kadang-kadang ada hambatan, ada tantangan di sana,” kata Wiranto.

Menurutnya, seluruh mampu dilalui dengan baik yang berasal segala pihak dapat menahan diri. Dia pun optimistis mampu menghadapi ancaman, hambatan serta tantangan ketika ini.

“Asalkan kami bersatu sebagai bangsa, segala pihak merasa memiliki negeri ini dan berkewajiban menjaganya, aku kira kalian mulai aman-aman saja,” tandasnya.

Sebelumnya, Presiden keenam Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengaku prihatin dengan dengan keadaan sosial dan politik Indonesia ketika ini. SBY menyebut juru fitnah dan penyebar hoax telah berkuasa.

“Ya Allah, Tuhan YME. Negara kok jadi begini. Juru fitnah & penyebar “hoax” berkuasa dan merajalela. Kapan rakyat dan yg lemah menang? *SBY*” kicau SBY dalam akun twitternya, Jumat (20/1).

Tanda *SBY* yaitu pernyataan seandainya cuitan itu ditulis sendiri oleh SBY.Baca juga:
Fadli Zon soal twit SBY: Memang banyak hoax dan fitnah di medsos
Setnov soal twit SBY: Serahkan pada hukum yg sedang dievaluasi
Antasari Azhar minta SBY ungkap kasusnya daripada cuit di twitter
Barisan pendukung cuitan SBY ‘juru fitnah berkuasa’
Sindiran Antasari lihat SBY eksis ngetwit daripada bongkar kasus

Sumber: http://www.merdeka.com

Komentar Anda

You might also likeclose