Friday , August 18 2017
Topik Terhangat

Rombongan Polisi Indonesia Tertahan, Polri Kirim Personel Ke Sudan

Rombongan Polisi Indonesia Tertahan, Polri Kirim Personel Ke Sudan

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, Polri mengirimkan sejumlah personelnya bagi membereskan kekeliruan di Sudan.

Rombongan polisi Indonesia yg hendak kembali setelah mengemban misi perdamaian PBB tertahan karena diduga menyelundupkan sekoper senjata.

“Polri mulai mengirim personel ke Sudan buat melihat bagaimana proses tersebut,” ujar Martinus di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Kedatangan mereka buat mendalami persoalan yg terjadi. Polri mulai coba berkomunikasi dengan otoritas setempar mengenai hal tersebut.

“Saya tegaskan mereka bukan ditangkap tetapi tertahan buat kepulangan mereka,” kata Martinus.

Martinus membantah bahwa koper tersebut punya rombongan polisi Indonesia. (Baca: Polri Tegaskan Koper Berisi Senjata Bukan Milik Rombongan Indonesia)

Adapun kronologi kejadian tersebut yakni pada 15 Januari 2016, rombongan sejumlah 139 orang bertolak ke bandara bagi kembali ke Indonesia.

Barang-barang mereka dimasukkan ke dalam beberapa kontainer dan dibawa ke bandara. Barang-barang itu dimasukkan ke mesin deteksi, namun tiba-tiba seorang petugas menunjuk sebuah koper, apakah punya rombongan Indonesia.

Karena warna kopernya berbeda dan tidak ada label Indonesia, mereka membantah memiliki koper tersebut. Ternyata, setelah dideteksi, dalam koper itu berisi senjata.

Secara tegas, rombongan yg dipimpin oleh AKBP John Huntalhutajulu membantah koper tersebut punya mereka. John dan rombongan menduga koper tersebut tercampur dengan koper mereka.

“Karena barang banyak bertumpuk di sesuatu tempat,” kata Martinus.

Kompas TV 7 Anggota Yonif Kembali ke Tanah Air

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose