Friday , August 18 2017
Topik Terhangat

Korban Ngaku Dipukul Pakai Rotan, Rektor UII Sebut Hanya Ranting

Korban Ngaku Dipukul Pakai Rotan, Rektor UII Sebut Hanya Ranting

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Harsoyo, membantah adanya penggunaan rotan ketika acara diklat dasar mahasiswa pecinta alam (diksar mapala). Adanya keterangan penggunaan rotan buat memberikan hukuman kepada peserta diksar mapala.

“Berdasarkan informasi peserta maupun panitia tak ada penggunaan rotan. Yang digunakan itu ranting yg ukurannya segini,” ujar Harsoyo sembari memperlihatkan kelingkingnya, Selasa (25/1).

Harsoyo mengakui bahwa pada investigasi awal, ditemukan adanya kekerasan. Namun, seperti apa bentuk dan frekuensi kekerasannya masih dalam pengembangan.

Muncul dugaan adanya penggunaan rotan ketika diksar mapala UII berdasarkan pengakuan korban meninggal, Syait Asyam kepada ibundanya, Sri Handayani. Saat dirawat di RS Bethesda, sepulangnya dari mengikuti acara diksar mapala UII, Asyam sempat mengaku bahwa luka di punggungnya dikarenakan mendapat pukulan rotan dari panitia.

“Saya sempat menuliskan cerita Asyam ketika mengikuti diksar mapala UII. Saya catat di kertas memo dari RS Bethesda. Selain dipukul rotan, anak aku juga cerita bahwa kakinya diinjak hingga mengalami luka,” terang Sri Handayani ketika ditemui di rumah duka pada Senin (23/1) kemarin.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tiga orang mahasiswa UII tewas usai mengikuti acara pendidikan dasar atau The Great Camping (GC), yg digelar Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) UII di Gunung Lawu Lereng Selatan, Tawangmangu, Jawa Tengah yg digelar pada 13 hingga 20 Januari 2017.

Ketiga mahasiswa yg meninggal adalah Muhammad Fadhli (20), Syait Asyam (20) dan Ilham Nurfadmi Listia Adi (20). Fadhli, mahasiswa Teknik Elektro UII angkatan 2015, yang berasal Batam tewas dalam perjalanan menuju RSUD Karanganyar, Jumat (20/1). Asyam mahasiswa Teknik Industri angkatan 2015 yang berasal Yogyakarta tewas di RS Bethesda, Yogyakarta pada Sabtu (21/1). Korban terakhir adalah Ilham mahasiswa Hukum Internasional angkatan 2015 yg tewas di RS Bethesda, Senin (23/1).Baca juga:
UII tidak izinkan panitia Diksar Mapala keluar dari Yogyakarta
Cerita peserta Diksar Mapala UII teman akrabnya meninggal
Panitia diksar Mapala UII pernah minta orangtua tidak menuntut
Tiga peserta diksar meninggal, kegiatan Mapala UII dibekukan
Kondisi mengenaskan peserta Diksar Mapala UII sebelum meninggal
Polisi periksa sejumlah saksi dan olah TKP tewasnya 3 mahasiswa UII
Ungkap penyebab kematian, jenazah Mahasiswa UII diautopsi

Sumber: http://www.merdeka.com

Komentar Anda

You might also likeclose