Friday , August 18 2017
Topik Terhangat

Polisi Bekuk Komplotan Penipu Lowongan CPNS Di Makassar

Polisi Bekuk Komplotan Penipu Lowongan CPNS Di Makassar

Satuan Reserse Kriminal Polres Pelabuhan Makassar menggerebek hotel di Jalan Penghibur, Senin (23/1) siang. Penggerebekan itu setelah petugas menerima keterangan adanya dugaan pengerahan banyak orang dari Kabupaten Luwuk Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bagi melakukan wawancara bagian dari tahapan penerimaan CPNS yg digelar Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Hasil penggrebekan, diketahui kegiatan arahan dan wawancara itu palsu atau bohong belaka. Hal ini baru direlease resmi oleh Polres pelabuhan, Rabu (25/1).

Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, AKP Ivan Wahyudi menjelaskan, dari berkas-berkas yg ditemukan dalam penggerebekan itu diketahui warga Kabupaten Luwuk Banggai yg tengah mengurus dan menyetor berkas buat menjadi CPNS itu sebanyak 134 orang. Modusnya, mengumpulkan CPNS dari daerah berikut berkasnya setelah itu dibawa ke hotel di Makassar kemudian diberikan arahan atau wawancara.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV di sini (Makassar) dan ternyata tes-tes wawancara yg dimaksud itu tak ada padahal dua dari warga Luwuk Banggai yg tertipu itu antara yang lain ada yg sudah menyetor dana Rp 1 juta hingga Rp 10 juta per orang sebagai uang awal administrasi. Setelah lulus nantinya, pelaku meminta lagi uang pendaftaran sejumlah Rp 30 juta hingga Rp 100 juta per orang,” kata AKP Ivan Wahyudi.

Setelah penggeledahan, kata Kasat Reskrim Polres Pelabuhan, disita sebagai barang bukti sebanyak 134 berkas, lima buah flash disk data base yg di dalamnya ada daftar calon pegawai 667.

“Kita masih periksa tiga orang panitia kegiatan tes wawancara palsu itu yg sesuatu diantaranya adalah oknum PNS dari Luwuk Banggai. Belum ada penetapan tersangka, kata AKP Ivan Wahyudi.Baca juga:
Pegawai Kejaksaan jadi korban penipuan bermodus calo PNS
KemenPAN-RB: Hati-hati situs bodong menginformasikan penerimaan CPNS
KemenPAN-RB: Waspadai penipuan CPNS
Gubernur Aher minta otak pelaku penipuan rekrut CPNS ditangkap
Gubernur Jabar berencana polisikan penipu perekrutan CPNS
Polisi tangkap PNS diduga terlibat penipuan perekrutan 50 CPNS

Sumber: http://www.merdeka.com

Komentar Anda

You might also likeclose