Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

10 Kado Yang Tabu Diberikan Saat Imlek

10 Kado Yang Tabu Diberikan Saat Imlek

Jakarta (ANTARA News) – Tahun baru Imlek adalah perayaan utama buat keturunan etnis Tionghoa. Berbagai tradisi dikerjakan pada perayaan ini, termasuk memberikan angpao buat anggota keluarga yg masih lajang. 
Ada juga orang yg memberikan kado pada anggota keluarganya ketika Imlek. Namun, jangan sembarangan memberikan kado. Ada sepuluh barang yg dianggap tabu ketika Imlek menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa dikutip dari informasi pers Elevenia.
1. Benda tajam. 
Aneka benda tajam seperti gunting, garpu, alat cukur dan pisau memiliki arti bahwa si pemberi kado ingin menetapkan hubungan dengan penerima. 
2. Benda yg mengandung angka 4. 
Jangan berikan kado Imlek benda yg mengandung angka empat atau kelipatannya. Dalam bahasa Mandarin, kata “empat” (si) milik pengucapan yg sama dengan kata “mati”, meskipun karakter hurufnya berbeda.
3. Sepatu. 
 Benda ini milik pengucapan sama dengan kata “sial” dalam bahasa Mandarin.
4. Jam. 
 Benda penunjuk waktu ini salah sesuatu benda tabu buat dijadikan hadiah ketika Imlek maupun perayaan lain. Sebab, jam menandakan habisnya waktu. Kata jam juga pengucapannya sama dengan kata buat mengunjungi pemakaman. Maka, kado jam identik dengan kesialan dan kematian.
5. Buah pir. 
Buah ini dalam bahasa Mandarin milik pengucapan yg sama dengan kata “meninggalkan”.
6. Bunga. 
Bunga potong biasanya diberikan ketika berduka atau tiba ke pemakaman, jadi bunga bukan benda yg tepat buat hadiah.
7. Payung. 
Dalam bahasa mandarin, kata payung milik pengucapan yg sama dengan san, artinya putus hubungan.
8. Kerajinan tangan. 
Benda ini menandakan si pemberi kado seakan sedang mengatakan kata perpisahan. Masyarakat Tiongkok biasanya membawa aneka hasil kerajinan tangan ketika tiba ke pemakaman kerabat keluarga.
9. Benda berwarna hitam dan putih. 
Dua warna ini tabu ketika Imlek karena biasa digunakan ketika pemakaman. Tidak cuma itu, membungkus kado dengan kertas warna hitam dan putih juga ditabukan.
10. Kaca. 
Benda ini identik dengan pemanggilan setan atau hantu.

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose