Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

Berkas Perkara Antasari Azhar Dibahas Di Istana Presiden?

Berkas Perkara Antasari Azhar Dibahas Di Istana Presiden?

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekitar lima orang paruh baya berjalan keluar Istana Presiden, Kamis (26/1/2017) sekitar pukul 15.20 WIB. Salah satunya membawa dokumen, mirip berkas perkara.

Pakaian mereka berbeda-beda. Ada yg mengenakan seragam Polri. Ada yg mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana krem. Ada pula yg mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Seorang yg mengenakan seragam Polri berpangkat Komisaris. Di dada kirinya, tersemat papan nama bertuliskan “Arief”.

Mereka adalah polisi yg yaitu mantan penyidik masalah pembunuhan bos PT Putra Rajawali Bantaran Nasrudin Zulkarnain. Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar menjadi salah sesuatu dari lima orang yg divonis bersalah.

Seorang polisi di antaranya dikenal sebagai mantan Kepala Subdirektorat III Umum/Satuan Kejahatan dan Kekerasan Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Nico Afinta.

Nico juga yaitu salah sesuatu penyidik yg menjebloskan Antasari ke penjara. Seorang polisi lainnya yg berkemeja putih lengan panjang dan celana krem tampak membawa dokumen berjilid tebal.

Buku bersampul merah dengan foto Antasari Azhar itu diapit di antara lengan dan pinggangnya. Di atas foto Antasari itu tercetak lambang Polda Metro Jaya.

Secara fisik, dokumen itu kelihatan seperti berkas perkara. Kelima orang itu sempat berfoto dengan latar belakang Istana Kepresidenan, dahulu berjalan keluar Istana melalui pintu dekat Kementerian Sekretariat Negara.

Tidak dua lama kemudian, Kepala Polda Metro Jaya Irjen (Pol) Muhammad Iriawan menyusul keluar dari Istana Kepresidenan. Ia mengaku, baru selesai bertemu Presiden Joko Widodo.

(Baca juga: Polda Metro Jaya Akan Buka Kembali Kasus Antasari Azhar)

Namun, ia membantah dipanggil Presiden buat membahas topik kasus Antasari. Diketahui, Iriawan memang yaitu mantan Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Ia adalah atasan Nico Afinta ketika mengusut kasus Antasari.

“Enggak. Enggak bicarain (perkara Antasari). (Presiden) tanya situasi Ibu Kota. Kan aku termasuk bawahan beliau. Ya ngobrol saja, bagaimana situasi, Alhamdulillah aman, tertib dan lancar,” ujar Iriawan.

Ditanya mengapa sejumlah mantan penyidik Antasari juga ikut mendatangi Istana, Iriawan menegaskan, kedatangan mereka tidak ada kaitannya dengan masalah Antasari.

“Oh enggak ada, pas (mereka) nganter saja. Enggak ada kaitannya,” ujar dia sembari menutup pintu mobil. Iriawan pun keluar dari Istana.

Bertepatan dengan keseluruhan momen itu, Antasari Azhar yg telah mendatangi Istana sejak pukul 14.50 WIB dan menunggu di holding room gantian menemui Presiden.

(Baca juga: Datang ke Istana, Antasari Bantah Bahas Kasusnya dengan Jokowi)

Kompas TV Perjalanan Panjang Kasus Hukum Antasari Azhar

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose