Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

PSSI Berencana Naturalisasi Empat Sampai Enam Pemain

PSSI Berencana Naturalisasi Empat Sampai Enam Pemain

Jakarta (ANTARA News) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berencana melakukan naturalisasi empat sampai enam pesepak bola asing demi mencapai target emas di SEA Games 2017 di Malaysia dan posisi empat besar Asian Games 2018.

“Namun masih mulai dilihat lagi, mampu saja tak sesuai dengan jumlah itu. Nanti berdialog lagi dengan pelatih tim nasional,” ujar Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono di Jakarta, Jumat.

Joko sendiri enggan memberi tahu keterangan lebih rinci mengenai rencana tersebut karena tak mau mendahului pelatih tim nasional Luis Milla, yg baru akan bekerja pada 8 Februari 2017.

Dia cuma menyampaikan pesepak bola asing itu dapat berasal dari negara mana saja. Yang pasti, mereka yg di-WNI-kan itu harus memiliki ikatan emosional dengan Indonesia.

“Jadi ada garis keturunan Indonesia,” tutur Joko.

Terbaru, PSSI merekomendasikan pemain muda Ajax Amsterdam keturunan Manado, Ezra Walian, buat dinaturalisasi kepada pemerintah.

Pada pekan kedua Januari 2017, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Kepala Komunikasi Publik Gatot Dewa Broto menuturkan permintaan itu telah sampai kepada Presiden Joko Widodo.

Akan tetapi, sebelum menandatangani kepastiannya, Presiden pun harus mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI terlebih dahulu.

Ezra Walian yaitu penyerang yg kini bermain bagi Ajax Amsterdam U-21 di Liga Belanda kasta kedua, Eerste Divisie. Pemuda berusia 19 tahun ini memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Glenn Walian yg berasal dari Manado. Dia memiliki kewarganegaraan Belanda, sama dengan mendiang ibunya.

Karier Ezra di Belanda mampu dikatakan cemerlang. Dia telah pernah membela tim nasional Belanda di empat kelompok umur merupakan U-15, U-16, U-17 dan U-18.

Pada tahun 2013, dia mencuri perhatian setelah mencetak lima gol bagi tim Belanda U-17 saat berlaga di Kualifikasi Piala Eropa U-17 melawan San Marino dan menolong kemenangan timnya dengan skor 12-0.

Ketika kembali ke Indonesia pada akhir tahun 2016, dia menyatakan keinginannya buat dapat menjadi bagian tim nasional Indonesia. 

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber: http://www.antaranews.com

Komentar Anda

You might also likeclose