Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

Daya Saing Otomotif Indonesia Di ASEAN

Daya Saing Otomotif Indonesia Di ASEAN

Jakarta, KompasOtomotif – Selain Indonesia, kekuatan pasar otomotif di wilayah Asia Tenggara juga ditopang oleh dua Negara lain, seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina yg akan merangkak naik. Dari empat pasar terbesar tersebut, lantas bagaimana posisi Indonesia?

Kukuh Kumara, Sekertaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia (Gaikindo) mencoba memaparkan situasi terkakhir dari empat negara tersebut, termasuk Indonesia. Dirinya menjelaskan dua faktor yg dapat menjadi parameter kompetisi, buka cuma dari industri otomotif itu sendiri, tapi juga dari faktor pendukungnya.

“Mari lihat keadaan daya saing kami terhadap negara ASEAN lain, kita mencoba benchmark Indonesia dengan Thailand, Malaysia, dan Filipina. Secara produksi kami masih tertinggal dari Thailand yg telah mencapai 2,4 juta unit per tahun atau ada di urutan 12 dunia, sementara kami baru sekitar 1,2 juta di peringkat 17,” ujar Kukuh, Rabu (25/1/2017).

Meski begitu, lanjut Kukuh, dari penjualan otomotif terutama domestik, Indonesia berhasil unggul dengan ada di posisi ke-17, sementara Thailand 20 dunia. Diikuti Malaysia urutan ke-21 dan Filipina di peringkat 32.

“Indonesia masuk kategori one million club, atau negara dengan penjualan mobil sampai 1 juta unit pertahun. Indonesia di sini ada di posisi teratas di ASEAN,” ucap Kukuh.

Kukuh menambahkan, yg menjadi perhatian dari Gaikindo adalah terkait dengan car density, di mana rasio kendaraan per 1.000 orang di Indonesia masih terbilang kecil. Paling besar di ASEAN adalah Malaysia dengan rasio 405 mobil per 1.000 orang, kemudian Thailand 232 berbanding 1.000.

“Kita ada di urutan ketiga dengan cuma 83 mobil bagi setiap 1.000 penduduk di Indonesia. Keempat ada Filipina yg cuma 30 mobil per 1.000 orang,” ujar Kukuh.

Melihat car density yg masih rendah, berarti masih ada peluang besar bagi selalu mengembangkan industri otomotif Tanah Air. Lebih dari itu, kata Kukuh, ini dapat membuat negara yang lain berminat buat menandatangani pejanjian perdagangan dengan Indonesia.

Berkut lebih jelasnya peta persaingan industri otomotif ASEAN.

Daya Saing Otomotif Indonesia Di ASEANGaikindo Persaingan industri otomotif ASEAN.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose