Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

Menyusuri Pabrik “Smartphone” 4G Rancangan ITB Di Cikarang

Menyusuri Pabrik Smartphone 4G Rancangan ITB Di Cikarang

KOMPAS.com — Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM) baru saja merilis ponsel “gratis” Digicoop. Ponsel tersebut dirancang oleh Institut Teknologi Bandung dan dibuat di pabrik perakitan punya PT VS Technology Indonesia (VS).

KompasTekno sempat berkunjung dan menyusuri pabrik punya perusahaan tersebut, yg berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Dalam kunjungan yg singkat itu, kalian melihat sendiri proses perakitannya.

VS sendiri bukan pemain baru di industri perakitan elektronik. Menurut GM Commercial VS, Taufik Falaba, perusahaan telah akan merakit perangkat remote sejak 2002 di Jababeka, hingga akhirnya pindah ke Cikarang dan beralih merakit PCB bagi berbagai perangkat elektronik.

Perangkat yg dirakit oleh VS antara yang lain berupa printer dan modem. Perakitan ponsel sendiri baru dimulai secara perdana pada 2016 lalu. Saat itu, perusahaan merakit ponsel seri Osmo punya Advan.

Digicoop sendiri yaitu ponsel kedua yg dirakit oleh VS. Sekarang, baru ada sesuatu jalur produksi, dengan kemampuan membuat 800-1.000 ponsel per hari.

VS sendiri cuma melakukan perakitan. Untuk komponen-komponen yg dibutuhkan bagi perakitan, sebagian masih diimpor dari Taiwan, China, dan Malaysia.

Meski demikian, karena telah dirakit di dalam negeri, ponsel Digicoop ini memenuhi syarat aturan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 20,2 persen.

Bagian dari ponsel Digicoop yg dirakit oleh VS antara yang lain berupa layar, casing ponsel, IMEI, dan modul kamera.

Lebih jelasnya, bagi melihat lebih jelas mengenai suasana pabrik perakit ponsel gratis Digicoop, silakan klik tautan ini.

Menyusuri Pabrik Smartphone 4G Rancangan ITB Di CikarangYoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Ponsel Digicoop yg diberikan gratis pada orang yg menjadi anggota Koperasi Digital Indonesia Mandiri

Sumber: http://tekno.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose