Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

Senin, KY Akan Gelar Rapat Internal Tentukan Perwakilan Di MKMK

Senin, KY Akan Gelar Rapat Internal Tentukan Perwakilan Di MKMK

JAKARTA, KOMPAS.com – Komisi Yudisial (KY) belum menerima surat resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait permintaan perwakilan KY sebagai salah sesuatu anggota Majelis Kehormatan MK (MKMK). Namun, secara lisan, permintaan dari MK tersebut telah diterima oleh sekretaris jenderal KY.

Pembentukan MKMK ini terkait dengan pengusutan dugaan adanya pelanggaran etik berat yg dikerjakan Hakim Konstitusi Patrialis Akbar. 

“Surat dari MK belum ada. Tapi telah ada permohonan lisan dari MK kepada sekjen KY,” kata Ketua KY, Aidul Fitriciada Azhari ketika dihubungi, Minggu (29/1/2017). Aidul menyampaikan, KY mulai melakukan pertemuan internal pada Senin (30/1/2017) besok.

Rapat internal KY, lanjut Aidul, bagi menentukan siapa perwakilan KY yg mulai diutus ikut di dalam MKMK. “Rapat internal, Senin, berdasarkan permintaan dari MK,” ujarnya.

Sebelumnya, ketua MK Arief Hidayat mengatakan, MKMK sedang dibentuk. Nantinya, MKMK terdiri atas lima orang, yakni sesuatu orang hakim konstitusi, sesuatu orang Anggota Komisi Yudisial (KY), sesuatu orang mantan hakim konstitusi, sesuatu orang guru besar bidang ilmu hukum, dan sesuatu orang tokoh masyarakat.

Sejauh ini telah ada empat nama yg terkonfirmasi. Dari unsur MK diwakili oleh Anwar Usman, dari unsur mantan hakim konstitusi diwakili oleh Achmad Sodiki, dari unsur Guru Besar dalam bidang llmu Hukum diwakili Bagir Manan, dan dari unsur tokoh masyarakat diwakili As’ad Said Ali.

Sementara dari unsur KY, kata Arief, MK mulai meminta lembaga pemantau hakim tersebut memgirimkan perwakilannya.

“Kami langsung mengirimkan surat secara resmi kepada Komisi Yudisial bagi menentukan calon anggota MKMK dari Komisi Yudisial,” kata Arief dalam konfrensi pers yg digelar di gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2017).

Kompas TV Hakim Konstitusi Terjerat Korupsi (Bag 1)

 

Sumber: http://nasional.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose