Monday , August 21 2017
Topik Terhangat

Mengapa Skutik Anda Jadi Boros BBM ?

Mengapa Skutik Anda Jadi Boros BBM ?

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor menjadi moda transportasi yg efektif buat perkotaan, apalagi Skutik. Selain memiliki kemudahan dalam menggunakannya, kebanyakan Skutik yg dipasarkan ketika ini telah berbekal teknologi injeksi dan diklaim irit bahan bakar.

Meski demikian bukan berarti selamanya irit, seiring penggunaannya ada hal-hal yg membuat Skutik menjadi lebih boros dari biasanya.  Menanggapi fenomena ini, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center Rangga Noviar, menjelaskan, bahwa salah sesuatu penyebabnya dikarenakan kurang perawatan.

“Cara memakai juga berpengaruh, tetapi faktor penting tetap perawatan. Banyak orang cuma peduli pada pergantian oli mesin, tetapi lupa dengan komponen yang lain yg berdampak pada konsumsi bahan bakar juga,” kata Rangga kepada KompasOtomotif awal Januari 2017.

Filter udara, lanjut Rangga, kadang tak diperhatikan kondisinya. Padahal bila telah banyak kotoran mulai menyumbat aliran udara ke ruang bakar berkurang. Hasilnya tentu pembakaran menjadi tak sempurna akibat suplai udara yg tak maksimal.

Mengapa Skutik Anda Jadi Boros BBM ?Stanly/Otomania Filter udara pada sepeda motor matik

Selain filter, pola penggunaan busi juga wajib diperhatikan. Ada baiknya, dalam jarak waktu tertentu busi diganti baru sehingga daya percikan api bagi pembakaran tetap optimal.

“Ideal masa penggantian busi itu sekitar 10.000 km sekali. Meski busi lama masih mampu digunakan atau dibersihkan, tetapi tak menjamin daya percikannya masih bagus,” ucap Rangga.

Kompresi Loyo

Selain perawatan, jam terbang Skutik yg telah cukup tinggi juga mampu membuat mesin kehilanggan kompresi. Hal ini membuat tarikan motor terasa loyo dan berat sehingga membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

Hilangnya kompresi dapat disebabkan bermacam hal, salah sesuatu yg paling tidak jarang akibat tumpukan sisa karbon di ruang bakar. Untuk membersihkan, maka wajib turun mesin kecil guna melakukan skir klep.

Mengapa Skutik Anda Jadi Boros BBM ?Ghulam/Otomania Klep yg bengkok mampu menyebakan sepeda motor kehilangan kompresi.


Skir klep dikerjakan bagi memberisihkan ruang bakar pada silinder. Selain itu juga bagi menjaga tingkat kerapatan seating klep dengan klep itu sendiri agar tetap meeting tanpa ada jarak yg membuat kebocoran kompresi,” papar Rangga.

Menurut Rangga, proses skir klep sebenarnya masuk dalam perawatan tahunan, namun hal ini juga di pengaruhi oleh jarak penggunaan motor, bentuk perawatan, serta pemakaian macam bahan bakar.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose