Wednesday , August 23 2017
Topik Terhangat

Ini Alasan MSG Ternyata Juga Bagik Bagi Kesehatan

Ini Alasan MSG Ternyata Juga Bagik Bagi Kesehatan

Monosidum glutamat atau biasa dikenal dengan MSG belakangan kerap dihindari banyak orang dalam kandungan makanan, terutama untuk pelaku diet tinggi lemak. Akan tapi berdasarkan studi ilmiah terdapat korelasi positif antara diet tinggi lemak dan natrium.

Para ahli gizi merekomendasikan bagi mengurangi asupan natrium dan lemak, yg berperan menjaga rasa dari makan. Akan tetapi, MSG dengan kandungan natrium 1/3 dari garam meja, dengan penggunaan yg lebih rendah dari garam.

Dilansir glutamet.org, studi memperlihatkan bahwa orang memiliki tingkat penerimaan makanan yg baik saat makanan dengan kadar rendah garam ditambahkan sedikit monosodium glutamat.

Studi ini dipublikasi di Journal of Food Science, mengevaluasi respon orang terhadap sup bening dengan dan tanpa MSG dalam dua persentase garam. Garis horizontal putus-putus pada grafik memperlihatkan tingkat kesukaan responden.Sup yg cuma ditambahkan garam disukai oleh responden pada kadar garam 0,75%. Sedangkan sup yg ditambahkan sedikit MSG disukai oleh responden pada kadar garam 0,4%.

Menurut Dr. Johanes Chandrawinata MND SpGK, sodium diet rendah dianjurkan buat pengobatan hipertensi.”Palatabilitas sodium rendah diet bisa ditingkatkan dengan menambahkan MSG atau CDG buat makanan, MSG aman bagi dikonsumsi karena tergolong GRAS aditif makanan, ungkap Dokter rumah sakit Melinda Bandung tersebut.

Dr. Johanes menambahkan, pada bulan Juni 2016, studi terbaru di jurnal Food and Nutrition Research yg berjudul, Pengurangan Asupan Sodium di Sup Pedas dengan Menggunakan monosodium glutamat MSG, para peneliti menyimpulkan bahwa sup yg rendah kandungan sodiumnya bisa ditingkatkan kadar kesukaannya dengan penambahan MSG dalam jumlah yg tepat. Hal ini memperlihatkan bahwa MSG bisa menggantikan garam (natrium klorida/NaCl ) sehingga menolong mengurangi asupan natrium pada makanan.

Para peneliti juga memberikan catatan, Sup adalah makanan yg umum dikonsumsi di segala dunia, oleh karena itu sangatlah utama bagi mengendalikan tingkat konsumsi NaCl dalam sup demi menjaga kesehatan tubuh.Dengan menggantikan garam dengan MSG pada sup mampu memberikan kontribusi yg besar buat kesehatan manusia.

Sdangkan, menurut Institute of Medicine (Assessment of Evidence, tahun 2013 tentang asupan natrium dalam populasi), meski sudah dikerjakan berbagai upaya selama dua dekade terakhir bagi mengurangi asupan natrium (komponen penting dari garam meja) dalam makanan, secara rata-rata orang Amerika dewasa masih mengkonsumsi 3.400 mg atau lebih natrium yg setara dengan 1 sendok teh garam per hari.

Di Indonesia, Menteri Kesehatan sudah mengaturnya melalui peraturan no. 30 tahun 2013, batas konsumsi Natrium adalah 2,000 mg/orang/hari atau setara dengan 5 gram garam. MSG Meningkatkan Citarasa Makanan yg Rendah Sodium

Monosodium glutamat (MSG) adalah garam natrium dari asam glutamat, asam amino yg terdapat secara alami dalam makanan yg mengandung protein seperti daging, sayuran dan produk susu.Sejak penemuannya lebih dari 100 tahun yg lalu, MSG sudah digunakan secara efektif bagi meningkatkan rasa umami dalam makanan.Ini juga yaitu cara yg efektif buat mengurangi kadar garam yg digunakan dalam persiapan makanan. Studi sudah memamerkan bahwa orang-orang menyukai makanan yg rendah sodium saat ditambahkan sedikit MSG.

Sayangnya, sudah terjadi kekeliruan dalam masyarakat karena MSG dianggap memiliki kandungan natrium yg tinggi. Faktanya, MSG mengandung cuma 1/3 jumlah dibanding garam meja (MSG mengandung sekitar 12% natrium sedangkan garam meja mengandung 39% natrium).Walaupun MSG masih mengandung sedikit natrium, dan mampu digunakan dalam diet rendah garam, mulai tapi bukan sebagai pengganti garam.

Konsumen menemukan bahwa MSG memiliki manfaat tambahan dalam diet mereka yg juga berdampak pada kesehatan, dengan memakai MSG yg telah terbukti aman dan efektif sebagai penguat rasa ini berperan dalam mengurangi asupan natrium. MSG menjadi unsur utama untuk orang-orang yg melakukan diet rendah sodium, karena MSG mampu meningkatkan kelezatan rasa makanan serta mampu mengurangi asupan natrium.Bahkan, saat MSG ditambahkan dalam masakan kadar natrium bisa diturunkan hingga 40% dengan tetap menjaga rasa yg diinginkan.
Sumber: http://www.merdeka.com

Komentar Anda

You might also likeclose