Sunday , September 24 2017
Topik Terhangat

Apa Betul Pelumas Bisa Kedaluwarsa?

Apa Betul Pelumas Bisa Kedaluwarsa?

Jakarta, KompasOtomotif — Oli mesin memiliki masa pakai setelah digunakan. Pergantian rutin utama dikerjakan agar fungsi bagi melumasi dan melindungi komponen-komponen di dalam mesin dapat tetap maksimal.

Lantas bagimana dengan oli yg belum digunakan dan masih tersimpan rapih di dalam kemasan. Apakah oli tersebut memiliki masa kedaluwarsa, atau dapat “basi” layaknya sayur asam?

Menjawab pertanyaan ini, Product Manager PT Topindo Atlas Asia (Top 1) Rudy Irawan memberikan jawaban pasti soal mitos yg kerap menjangkiti benak konsumen di Indonesia.

“Sebenarnya oli tak milik batasan waktu buat digunakan, artinya tak mampu basi atau kedaluwarsa,” kata Rudy menjawab pertanyaan KompasOtomotif di Jakarta, Senin (20/2/2017).

Menurut Rudy, selama masih di dalam kemasan dan belum pernah terbuka, meskipun telah tersimpan lama, oli tetap dapat digunakan. Namun, beda dengan oli yg penutupnya telah pernah dibuka.

Apa Betul Pelumas Bisa Kedaluwarsa?Stanly/Otomania Shell Rimula R5

“Biasanya ada orang yg pakai oli kelebihan, dahulu disimpan. Meski telah tertutup rapat, kondisinya tak mampu dijamin. Oli tidak kedaluwarsa, tapi mampu rusak. Hal ini lebih kadang disebabkan dari faktor eksternal karena adanya udara dan yang lain sebagainya,” kata Rudy.

Untuk konsumen yg ingin mengetahui apakah oli itu yaitu produk baru atau tidak, Rudy memberikan tipsnya bagi terus mengamati kode pada kemasan.

“Oli tak milik expire date, tapi buat memastikan oli itu baru atau tidak, cukup dilihat dari kode EPI. Mobil-mobil baru akan 2014 hingga ketika ini telah memakai kode SN. Kalau belum ada, dapat dipastikan itu oli lawas,” ujar Rudy.

Sumber: http://otomotif.kompas.com

Komentar Anda

You might also likeclose